Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fakta Harajuku, Dibandingkan dengan Citayam Fashion Week 

Kompas.com - 15/07/2022, 22:02 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Media fesyen Jepang, Tokyo Fashion menyoroti sekaligus mengapresiasi fenomena Citayam Fashion Week. 

Fenomena ini mengacu pada sekelompok remaja dari berbagai kota penyangga DKI Jakarta yang berkumpul dengan busana nyentrik di kawasan Terowongan Kendal dan Stasiun BNI City, Jakarta Selatan. Para remaja tersebu bergaya bak model profesional di setiap sudut kawasan tersebut. 

Baca juga: Ramai Soal Remaja Citayam Nongkrong di Sudirman, Ada Apa Saja di Sana?

Kawanan Remaja Ini Ingin Jadi Percontohan Model Outfit bagi Remaja yang Nongkrong di Terowongan Kendal, Jakarta, Sabtu (2/7/2022).KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Kawanan Remaja Ini Ingin Jadi Percontohan Model Outfit bagi Remaja yang Nongkrong di Terowongan Kendal, Jakarta, Sabtu (2/7/2022).

Mengutip Kompas.com (15/7/2022), Tokyo Fashion mengapresiasi anak-anak muda Indonesia yang bergaya ala catwalk di jalanan Jakarta. Apresiasi itu disampaikan dalam utas Twitter, @TokyoFashion pada Senin (11/7/2022). 

Tokyo Fashion bahkan meminta sejumlah situs dan akun street snap Indonesia mendokumentasikan dan mendukung mereka. Selain itu, Tokyo Fashion membandingkan kemunculan Citayam Fashion Week dengan kelahiran street fashion Harajuku di Distrik Shibuya, Tokyo. 

Tokyo Fashion menuturkan, kehadiran street fashion Harajuku dulunya dianggap nyeleneh serta tidak dihargai oleh masyarakat setempat. Namun seiring berjalannya waktu, gaya Harajuku pelan-pelan diterima masyarakat setempat. 

Baca juga: Citayam Fashion Week Diapresiasi Media Jepang, Bandingkan dengan Kelahiran Harajuku

Lantas, apa itu street fashion Harajuku yang awalnya mirip dengan Citayam Fashion Week? Berikut faktanya seperti dihimpun oleh Kompas.com

1. Harajuku nama kawasan 

Walaupun identik dengan gaya berpakaian street fashion, sebenarnya Harajuku merupakan nama kawasan di Jepang. Mengutip dari situs Japan National Tourism Organization (JNTO), Harajuku merupakan sebuah nama distrik atau kawasan di sekitar Stasiun Harajuku, yang berada antara Shibuya dan Shinjuku, pada jalur kereta Yamanote.

Baca juga: 3 Jalur Wisata di Harajuku Tokyo yang Wajib Dikunjungi

Takeshita Street di Harajuku, Tokyo, Jepang.SHUTTERSTOCK / By MADSOLAR Takeshita Street di Harajuku, Tokyo, Jepang.

Kawasan Harajuku dipenuhi dengan deretan butik dan toko fesyen yang menjual koleksi pakaian tren terbaru. Selain itu, terdapat restoran dan kafe sepanjang kawasan Harajuku yang merupakan tempat nongkrong anak-anak muda Jepang.

Surga mode ini berpusat di Jalan Takeshita Dori atau Jalan Takeshita. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com