Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2022, 10:46 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, kembali melayani rute penerbangan internasional pergi pulang (PP) Incheon-Bali mulai Juli 2022.

Ini ditandai dengan beroperasinya kembali maskapai Korean Air yang mendarat di runway Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Kamis (14/7/2022) pukul 23.30 Wita

Setibanya di Bali, penerbangan bernomor KE-629 tersebut dilaporkan mengangkut 265 penumpang.

Baca juga:

Kemudian, pesawat yang sama dengan nomor terbang KE-630 melanjutkan perjalanan menuju Bandara Incheon, Korea Selatan, pada Jumat (15/7/2022) pukul 01.10 Wita, mengangkut 113 penumpang.

Menurut jadwal, penerbangan ini akan beroperasi setiap hari.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (AP I) Faik Fahmi menyambut pembukaan kembali rute ini.

"Manajemen PT Angkasa Pura I menyambut baik beroperasinya kembali penerbangan Korean Air yang menghubungkan Seoul dengan Bali. Ini merupakan hal positif, mengingat penerbangan sempat berhenti beroperasi karena pandemi Covid-19," kata Faik, melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Jumat (15/7/2022).

Baca juga: Berapa Lama Mengurus Visa ke Korea Selatan?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Tambahan penerbangan internasional tersebut diharapkan berdampak positif terhadap pertumbuhan angka wisatawan internasional yang datang ke Bali, yang akan berimplikasi positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Sebagai informasi, rute Incheon-Bali dan sebaliknya, telah melayani sebanyak 397.196 penumpang sepanjang tahun 2019.

Dengan beroperasinya kembali penerbangan tersebut, maka saat ini Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali tercatat melayani sebanyak 20 rute internasional ke 12 negara di dunia.

Baca juga:

Penerbangan ini juga menjadikan Korean Air sebagai maskapai penerbangan ke-22 yang melayani penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Sejak kembali beroperasinya rute penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada 3 Februari 2022, dilaporkan hingga Kamis (14/7/2022) ada sebanyak 5.246 penerbangan internasional dan 974.178 penumpang rute internasional yang telah terlayani.

Sedangkan, hingga tanggal 14 Juli 2022, sebanyak 224.679 penumpang rute internasional telah terangkut melalui 1.241 penerbangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com