Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Lagi, Ini Aturan Bawa Air Zamzam Pulang ke Tanah Air

Kompas.com - 17/07/2022, 16:13 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah bagasi jemaah haji asal Indonesia dibongkar karena kedapatan membawa air Zamzam yang disimpan dalam botol-botol dan jeriken di dalam koper, pada Kamis (14/07/2022), seperti dilaporkan Kompas.com.

Para jemaah haji secara bertahap mulai kembali ke negara masing-masing sejak Jumat (15/07/2022), seiring dengna berakhirnya pelaksanaan haji 2022. Saat kepulangan, biasanya mereka akan membawa air Zamzam.

Baca juga: Jemaah Haji Kedapatan Bawa Air Zam-zam, Kopernya Dibongkar

Air dari sumur di Arab Saudi ini memang menjadi salah satu oleh-oleh khas setelah ibadah haji maupun umrah.

Lalu, bagaimana aturan bagi para jemaah yang ingin membawa pulang air Zamzam? Berikut ketentuannya. 

Dilarang bawa dalam koper atau bagasi

Untuk diketahui, seluruh jemaah haji tidak diperbolehkan membawa air Zamzam ke dalam koper atau bagasi pesawat saat pulang ke Tanah Air.

Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Bandara, Haryanto mengatakan, larangan itu terkait dengan aturan keselamatan penerbangan.

Baca juga: Sejarah Sumur Zamzam yang Tidak Pernah Kering Selama 4.000 Tahun 

Lebih lanjut, Pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan alat pemindai multiview, yang mampu mendeteksi barang-barang terlarang di bagasi penumpang, termasuk air Zamzam.

“Bahkan perusahaan pengangkut mengingatkan bahwa 1 ml air pun dilarang dimasukkan ke bagasi,” kata Haryanto, di Makkah (23/06/2022), dikutip dari laman Kementerian Agama.

Kasie Pelayanan dan Pemulangan (Yanmul) Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah, Edayanti Dasril Munir menambahkan, larangan ini berdasarkan aturan keamanan dan keselamatan penerbangan internasional.

“Ini based on safety regulation. Jadi barang yang tidak boleh dibawa antara lain aerosol, bahan mudah meledak, senjata tajam, uang dengan jumlah tertentu, termasuk air Zamzam, tidak boleh masuk dalam bagasi jemaah,” kata Edayanti. 

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Keaslian Air Zamzam

Jemaah akan dapat air Zamzam khusus

Meski jemaah dilarang untuk membawa air Zamzam di dalam bagasi atau kabin, masing-masing orang nantinya akan mendapat jatah lima liter air Zamzam secara cuma-cuma. 

Nantinya, air Zamzam bagi para jemaah haji akan dibagikan di debarkasi kepulangan.

Baca juga: Apa Itu Haji Furoda? Beda dari Haji Reguler, Ini 5 Faktanya

"Jamaah haji Indonesia tidak perlu repot membeli air Zamzam. Semuanya akan dapat lima liter dan itu dibagikan di Tanah Air, tepatnya saat tiba di asrama haji debarkasi," ujar Edayanti, di Makkah, dikutip dari Antara (12/7/2022). 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com