Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Dieng Belum Wajibkan Vaksin Booster bagi Pengunjung

Kompas.com - 19/07/2022, 12:38 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain menjadi syarat perjalanan, vaksin booster (dosis ketiga) Covid-19 juga diwajibkan untuk sejumlah kegiatan yang melibatkan banyak orang, termasuk aktivitas wisata.

Kendati demikian, beberapa destinasi masih belum mewajibkan vaksin Covid-19 dosis ketiga ini sebagai syarat masuk bagi pengunjung.

Misalnya, kawasan wisata Dieng di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Baca juga: 15 Wisata Dieng, Wajib Mampir Saat Libur Panjang dan Cuaca Cerah

Kepala Dinas Pariwisata Banjarnegara, Agung Yusianto, mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mengharuskan wisatawan untuk menyertakan bukti vaksin booster saat akan masuk ke kawasan Dieng.

"Sekarang ini wisatawan belum wajib vaksin booster," demikian kata Agung Yusianto saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (19/07/2022).

Wajib vaksin booster mulai Dieng Culture Festival

Agung melanjutkan, syarat wajib vaksinasi booster Covid-19 bagi wisatawan baru akan berlaku mulai pelaksanaan Dieng Culture Festival (DCF) 2022, pada pada 2-4 September nanti.

"Vaksin booster baru diwajibkan mulai pelaksanaan DCF nanti," tutur Agung.

Lampion di Acara Dieng Culture Festival 2019.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Lampion di Acara Dieng Culture Festival 2019.

Pengunjung yang datang nantinya akan diminta memindai aplikasi PeduliLindungi, untuk pengecekan. Sebab wisatawan yang boleh datang adalah mereka yang telah mendapatkan vaksin booster Covid-19.

Baca juga: Dieng Culture Festival 2022 Digelar Lagi, Ini Jadwal dan Daftar Acaranya

Adapun pelaksanaan Dieng Culture Festival tahun ini akan digelar secara langsung di Desa Wisata Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Ini merupakan kali pertama Dieng Culture Festival kembali digelar secara langsung, setelah dilaksanakan secara virtual selama dua tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Waspada Penipuan Tiket Dieng Culture Festival 2022

Dalam rangkaian acara Dieng Culte Festival tahun ini, penyelenggara berupaya menghadirkan kembali pertunjukan musik Jazz di Atas Awan, pameran produk unggulan, pergelaran seni tradisi, serta kegiatan pendukung lain yang hadir pada Dieng Culture Festival 2019 dan tahun-tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com