Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menginap di Hotel bagi Pemula dari Pesan Kamar hingga Check Out 

Kompas.com - 20/07/2022, 15:08 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Menginap di hotel merupakan hal biasa bagi sejumlah orang. Namun bagi pemula, menginap di hotel bisa sedikit membingungkan lantaran ada beberapa langkah yang harus dilakukan. 

Berikut cara menginap di hotel bagi pemula. Mulai dari cara pesan kamar, check in, hingga check out dari hotel. 

Perlu digarisbawahi bahwa setiap hotel memiliki kebijakan masing-masing bagi para tamu. Namun, secara umum tidak banyak perbedaan pada aturan dasar menginap di hotel. 

Baca juga: Hotel Ini Tawarkan Menginap Gratis di Kamar Transparan yang Terlihat Tamu Lain

1. Cara pesan kamar  

Langkah pertama menginap di hotel adalah memesan (booking) kamar. Seiring dengan perkembangan teknologi, para tamu bisa memesan kamar lewat online, baik melalui website hotel dan Online Travel Agent (OTA). 

Marketing Communications Manager The Papandayan, Tyagita R. Hermawan, mengatakan saat ini tersedia berbagai macam saluran pemesanan kamar online (online booking channel) yang berlaku di hotel, termasuk The Papandayan. 

Baca juga: Jangan Pakai Brankas Kamar Hotel, Mudah Dibobol Hanya dengan Cara Ini

Fasilitas kamar di The Papandayan Hotel Dok. The Papandayan Hotel Fasilitas kamar di The Papandayan Hotel

Namun, ia menyarankan tamu yang hendak memesan hotel lewat online agar langsung mengunjungi website hotel terkait. Sebab, biasanya pihak hotel memberikan harga lebih murah, promo, dan kemudahan lainnya.    

“Untuk pemesanan online disarankan langsung memesan melalui website hotel (www.thepapandayan.com), karena harga yang ditawarkan lebih rendah,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (20/7/2022). 

“Lalu, fleksibilitas layanan seperti modifikasi booking, pembatalan, dan reschedule akan lebih mudah dibandingkan online channel lainnya,” imbuhnya. 

Baca juga: 8 Cara Mengetahui Ulasan Hotel dan Tempat Wisata Palsu 

Harper Malioboro Yogyakarta Dok. Harper Malioboro Yogyakarta Harper Malioboro Yogyakarta

Senada, Marketing Communication Manager Harper Malioboro Dicky Pratama mengatakan pemesanan kamar dapat dilakukan melalui saluran online, baik OTA maupun website hotel. Ia juga menyarankan pemesanan kamar langsung melalui website hotel lantaran ada sejumlah manfaat yang didapatkan tamu. 

“Kami menyarankan untuk booking lewat website resmi, karena lebih banyak benefit bagi tamu. Mulai dari free minibar, free breakfast, dan free pick up or drop (layanan antar jemput) ke stasiun atau bandara,” katanya.

Baca juga: Cara Mudah Temukan Kamera Tersembunyi di Hotel dengan Ponsel

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Keuntungan pesan kamar hotel lewat online adalah tamu bisa mengetahui ketersediaan kamar, tarif, dan fasilitasnya tanpa harus datang langsung ke lokasi. Apabila calon tamu sudah menemukan kamar yang sesuai, maka biasanya mereka diminta mengisi formulir pemesanan kamar online berupa data diri. 

Selain lewat online, pihak hotel juga menyediakan layanan pemesanan kamar melalui saluran lainnya seperti telepon, WhatsApp, dan email. Para tamu juga dapat mendatangi langsung lokasi hotel. 

“Tamu juga bisa datang langsung (walk in), namun metode ini tidak disarankan karena untuk periode tertentu dikhawatirkan kamarnya tidak tersedia,” kata Tyagita. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com