Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keindahan "Gerbang Surga" di Negeri Tirai Bambu

Kompas.com - 21/07/2022, 14:59 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gunung Tianmen yang terletak di kota Zhangjiajie, Provinsi Hunan, China punya pemandangan menakjubkan yang disebut sebagai gerbang menuju surga atau "Heaven Gate" oleh pengunjung.

Untuk mencapai "gerbang menuju surga" itu, wisatawan harus mendaki sebanyak 999 anak tangga yang disebut pula "tangga ke surga". Masyarakat Tiongkok percaya bahwa angka sembilan adalah angka keberuntungan yang juga mewakili keabadian.

Baca juga: Kota Terlarang China Dibuka Kembali untuk Umum

Mengutip Travel and Leisure, Senin (08/01/2022), awalnya "pintu surga" Gunung Tianmen adalah sebuah goa biasa hingga 263 Masehi salah satu sisi gunung runtuh dan muncul lah "gerbang surga" tersebut.

Namun, berhati-hatilah jika ingin menceritakan kisah awal terbentuknya "gerbang surga". Sebab, beberapa orang meyakini kisah awalnya masih misterius dan itu semakin menguatkan reputasinya sebagai tempat suci.

Menariknya, wisatawan juga bisa sembahyang di sebuah kuil yang sudah berusia lebih dari 1.000 tahun, bernama Kuil Tianmenshan. Dibangun pada 870 Masehi, kuil ini diklaim sebagai pusat Buddhis di wilayah Hunan Barat.

Rute berliku menuju Gunung Tianmen di Hunan, TiongkokShutterstock/THONGCHAI.S Rute berliku menuju Gunung Tianmen di Hunan, Tiongkok

Nah, agar sampai di Gunung Tianmen, wisatawan bisa naik bus dari kota Zhangjiajie, mengitari 99 tikungan tajam. Lalu tiba di pintu masuk. Kemudian, lanjutkan dengan membeli tiket naik cable car untuk berkeliling area ini.

Cable car bakal membawamu mendaki ketinggian lebih dari 1.200 meter ke puncak Gunung Tianmen. Pada akhir perjalanan sejauh 7.700 meter, kita akan bertemu "gerbang surga".

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Adapun Zhangjiajie, lokasi keberadaan Gunung Tianmen ini, merupakan bagian dari Provinsi Hunan, yang terkenal sebagai kota wisata lewat sejumlah atraksi alamnya yang mengagumkan.

Baca juga:

Dilansir dari China National Tourism Office, di Zhangjiajie pengunjung bisa menemukan Taman Hutan Nasional Zhangjiajie, Lembah Suoxi, dan Gunung Tianzi yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Sementara itu, Provinsi Hunan juga terkenal akan keberadaan situs-situs budaya dan sejarahnya yang ikonik, sehingga menjadikan tempat ini sebagai lokasi penting bagi pengunjung yang tertarik dengan sejarah revolusioner Tiongkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com