Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Pilih Kursi Kereta Api agar Tak Hadap Mundur?

Kompas.com - Diperbarui 05/01/2023, 11:35 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar video viral seorang pengguna TikTok yang membagikan tips memilih kursi kereta api kelas ekonomi premium agar tidak menghadap mundur saat perjalanan, berdasarkan pengalamannya.

Menurut pengguna tersebut, jika perjalanan dari barat ke timur, maka bisa memilih tempat duduk dari nomor 12 hingga nomor paling besar agar tidak membelakangi kepala kereta, begitu pun sebaliknya.

Baca juga: Naik Kereta Api Harus Vaksin Booster Mulai Hari Ini, Cek Ketentuannya

Hal ini, menurutnya, karena tempat duduk dengan nomor kecil adalah kursi yang arahnya maju dari titik keberangkatan.

"Rumus pilih kursi ekonomi premium biar hadapnya enggak mundur. Kereta dari arah barat ke timur ambil nomor 12 sampai terakhir. Berlaku sebaliknya kalau kereta dari timur ke barat pilih seat (kursi) dari nomor terkecil," ujar pemilik akun @revandhikab dalam video yang dikutip Kompas.com, Kamis (21/7/2022).

"Ini berdasarkan pengalaman pribadi," tulisnya kemudian.

Hingga saat ini, akun TikTok @revandhikab berisi penjelasan tersebut telah dilihat oleh 2,3 juta pengguna dan disukai oleh 209.000 akun.

Baca juga: Perbedaan Kelas Kereta Api dan Fasilitasnya, Cek Sebelum Beli Tiket  

Di kolom komentar, beberapa orang mengaku mengikuti rumus ini dan berhasil menghindari kursi yang hadap mundur. Namun, banyak juga yang tidak berhasil dan menyebut kursi kereta ekonomi tak dapat dipastikan, alias untung-untungan.

Lantas, bagaimana cara antisipasi memilih tempat duduk kereta?

Apakah kursi kereta api kelas ekonomi bisa diputar?

Untuk diketahui, kereta api (KA) memiliki empat kelas untuk mengangkut penumpang, yaitu luxury, eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Dari keempat kelas tersebut, kursi kelas ekonomi tidak bisa ditentukan arahnya akan sesuai laju kereta api atau malah mundur.

“Kelas ekonomi memang tidak bisa menentukan posisi kursi searah dengan laju KA atau justru mundur. Karena kursi pada kelas ekonomi bersifat permanen secara desain memang tidak bisa diputar-putar,” kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Charunisa kepada Kompas.com, Kamis.

Baca juga:

Sementara itu, untuk kelas lainnya, Eva memastikan kursinya tidak akan berlawanan dengan arah laju kereta. Hal ini lantaran tempat duduk bisa diatur sesuai kemauan penumpang, baik ke arah depan maupun belakang. 

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa penumpang tidak dapat memastikan arah posisi kursi yang diduduki, karena pada aplikasi pemesanan tiket pun belum ada informasi posisi kereta ekonomi. 

"Saat ini aplikasi pemesanan tiket belum ada info terkait posisi KA ekonomi arahnya akan menghadap mana, karena memang untuk keperluan perawatan kerap dilakukan perputaran arah keberadaan keretanya," tutur Eva. 

Baca juga:

Sehingga, ia melanjutkan, penumpang tidak bisa memastikan posisi yang akan diduduki apakah menghadap ke depan atau ke belakang, alias posisi mundur.

Oleh karena itu, jika ingin duduk dengan lebih nyaman dan sudah pasti menghindari kursi kereta api yang menghadap mundur, kamu mungkin bisa memesan kereta api selain kelas ekonomi. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com