Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Transit Pesawat Bagi Pemula dengan Satu atau Beda Maskapai

Kompas.com - 23/07/2022, 18:09 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Perjalanan menggunakan pesawat terkadang mengharuskan penumpang singgah di sebuah bandara, sebelum sampai di bandara tujuan. Kondisi ini disebut sebagai penerbangan transit, penerbangan transfer, penerbangan lanjutan, atau connecting flight

Bagi penumpang yang baru pertama kali naik pesawat transit, hal ini bisa jadi sedikit membingungkan. Namun, tidak perlu khawatir karena pada dasarnya penerbangan transit sama dengan penerbangan langsung atau direct flight. 

Baca juga: Aturan Naik Pesawat untuk Anak Usia di Bawah 6 Tahun

Secara umum, penerbangan transit dibagi menjadi dua, yaitu menggunakan satu maskapai penerbangan dan beda maskapai, berdasarkan informasi dari laman Bandara Soekarno Hatta

Berikut cara naik pesawat transit yang dirangkum Kompas.com dari laman Bandara Soekarno Hatta dan Online Travel Agent (OTA)

Baca juga: Apakah Ketinggalan Pesawat Bisa Refund Tiket? Berikut Ketentuannya

Ilustrasi penumpang pesawat, bepergian di tengah pandemi virus corona.Shutterstock Ilustrasi penumpang pesawat, bepergian di tengah pandemi virus corona.

Transit pesawat satu maskapai

Transit pesawat dengan maskapai yang sama adalah ketika penumpang menggunakan penerbangan transit, namun masih dalam satu maskapai. 

Misalnya, A terbang ke Sydney, Australia dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Namun, A transit lebih dulu di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali baru  melanjutkan penerbangan ke Bandara Sydney. 

Namun, maskapai yang digunakan masih sama, yakni Garuda Indonesia. Berikut cara transit pesawat menggunakan satu maskapai. 

Baca juga: Daftar Kenaikan Airport Tax di 18 Bandara, Tiket Pesawat Ikut Naik?

1. Saat check in, biasanya penumpang akan mendapatkan boarding pass yang mencantumkan dua rute penerbangan. Pertama, rute destinasi awal ke tujuan transit, dan kedua rute dari titik transit menuju destinasi akhir. 

2. Saat check in, laporkan kepada petugas di konter check in maskapai bahwa kamu menggunakan penerbangan transit. 

3. Penerbangan transit menggunakan satu maskapai yang umumnya memberlakukan tiga sistem. 

Baca juga: Apakah Pesawat Terbang Punya Klakson?

Pertama: penumpang tidak turun dari pesawat. Jadi, penumpang tetap berada di kursi masing-masing sambil menunggu penumpang non transit turun dan penumpang baru masuk. 

Kedua: penumpang turun dari pesawat, namun tetap menggunakan armada pesawat yang sama. Dalam prosedur ini, biasanya penumpang tidak diminta mengambil bagasi kabin atau barang bawaan yang dibawa ke kabin pesawat.

Jadi, penumpang keluar dari pesawat, kemudian diarahkan menuju ruang tunggu. Nantinya, penumpang transit akan diminta naik kembali ke pesawat bersama dengan penumpang baru (jika ada). 

Ketiga: penumpang turun dari pesawat dan diminta membawa bagasi kabin. Biasanya, prosedur transit ini terjadi jika maskapai mengganti armada pesawat. 

Dalam hal ini, penumpang diminta melapor ke petugas transit agar mendapatkan boarding pass baru karena akan terbang menggunakan pesawat yang beda, meskipun masih dalam satu maskapai. 

Selanjutnya, penumpang menuju ke gate keberangkatan baru seperti yang tertera dalam boarding pass baru. 

Baca juga: Apakah Tiket Hangus jika Ketinggalan Pesawat? Berikut Penjelasannya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

4. Untuk mengetahui prosedur transit yang digunakan maskapai, penumpang harus mendengarkan pengumuman dari awak kabin saat pesawat hendak mendarat di bandara transit. 

5. Apabila prosedur transit menggunakan skema ketiga, maka pastikan kamu menuju gate keberangkatan yang sesuai dengan boarding pass baru. 

6. Jangan sungkan untuk bertanya kepada petugas jika kamu mengalami kesulitan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com