Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Taman Sari Jogja Terbaru 

Kompas.com - 26/07/2022, 21:09 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Taman Sari merupakan wisata budaya dan sejarah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau Jogja. Taman Sari juga dikenal sebagai taman air atau istana air karena terdapat kolam di dalamnya. 

Lokasinya masih berada dalam kompleks Keraton Yogyakarta, sekitar 650 meter atau tujuh menit berjalan kaki. Sebelum berkunjung, simak lebih dulu jam buka dan harga tiket masuk Taman Sari Jogja

Baca juga: Sejarah Taman Sari Jogja, Taman Air Tempat Rekreasi Para Sultan

Taman Sari, YogyakartaShutterstock/Nuttaphong Kanchanachaya Taman Sari, Yogyakarta

Djoko Soekiman dalam buku Taman Sari (1993) menuturkan bahwa Taman Sari dibangun oleh Pangeran Mangkubumi atau Sultan Hamengku Buwono I, yang merupakan pendiri Keraton Yogyakarta. 

“Berdasarkan naskah yang disimpan di Keraton Yogyakarta, menyebutkan bahwa yang melaksanakan pendirian bangunan Taman Sari ialah Pangeran Mangkubumi atau Hamengku Buwana I,” tulis Soekiman dalam Taman Sari (1993), dikutip Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Baca juga: Pari Klegung di Kulon Progo Jogja, Wisata Kuliner Alam Terbuka Pas Buat Healing 

Objek wisata Tamansari, Yogyakarta, Senin (19/10/2020). Tamansari dibangun masa Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758-1765.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Objek wisata Tamansari, Yogyakarta, Senin (19/10/2020). Tamansari dibangun masa Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758-1765.

Djoko menuturkan bahwa Taman Sari merupakan sebuah taman air yang berada di dalam sebuah benteng. Dulunya, fungsi dari Taman Sari adalah tempat rekreasi dan peristirahatan bagi Sultan Hamengku Buwono I, permaisuri, anak-anak, dan kerabatnya. 

Saat berkunjung ke Taman Sari, wisatawan akan menemukan kolam pemandian, tempat ganti pakaian, taman-taman, ruangan untuk menari, lorong-lorong bawah tanah, dan berbagai bangunan lainnya.

Selain mendapatkan edukasi mengenai sejarah dan budaya, wisatawan bisa berfoto di banyak spot, seperti tepi kolam, gapura, lorong, tangga, dan sebagainya. 

Baca juga: Itinerary Sehari Wisata di Sekitar Taman Sari, Ada Museum Budoyo

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com