Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Wisata Dekat Alun-alun Batu, Museum Angkut dan Jatim Park

Kompas.com - 27/07/2022, 13:06 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Alun-alun Batu atau Alun-alun Kota Wisata Batu merupakan salah satu ikon wisata Kota Batu. Wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu sebaiknya tidak melewatkan berkunjung ke Alun-alun Batu. 

Selain itu, terdapat sejumlah wisata dekat Alun-alun Batu yang bisa dikunjungi. Jadi, pelancong bisa mengunjungi destinasi wisata tersebut setelah puas bermain di Alun-alun Batu. 

Baca juga: 6 Aktivitas Seru di Alun-alun Batu, Cocok Buat Keluarga

Wisata dekat Alun-alun Batu

Berikut 10 wisata dekat Alun-alun Batu seperti dihimpun Kompas.com. 

1. Museum Angkut 

Museum Angkut merupakan salah satu wisata favorit di Batu. Sesuai namanya, Museum Angkut memiliki koleksi berbagai jenis mobil klasik. 

Pada museum seluas hampir empat hektar ini, wisatawan bisa melihat beragam mobil bersejarah, misalnya kendaraan yang dipergunakan Presiden Pertama RI Soekarno. Museum Angkut juga memajang Presidential Helicopter yang merupakan helikopter kepresidenan. 

Baca juga: 8 Wisata Malam di Malang dan Batu yang Populer dan Instagramable

Museum Angkut Malang via shutterstockSHUTTERSTOCK Museum Angkut Malang via shutterstock

Selain koleksi mobil, Museum Angkut memiliki wahana menarik lainnya, mulai dari Pasar Apung Nusantara, Buckingham Palace, Gangster Town, F1 Simulator, China Town, hingga Flight Simulator.

Obyek wisata ini berada di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Kota Batu. Jaraknya dari Alun-alun Batu sekitar 2 kilometer, dengan waktu tempuh tujuh menit.  

2. Jatim Park 1 

Obyek wisata Jawa Timur Park atau Jatim Park tentunya sudah familiar di kalangan wisatawan. Tak lengkap rasanya berkunjung ke Batu tanpa bermain di Jatim Park. 

Jatim Park 1 mengusung konsep theme park dengan aneka wahana permainan dan hiburan. Selain wahana, Jatim Park 1 juga menyediakan wisata edukasi seperti taman fisika, taman sejarah, galeri etnik, dan lainnya. 

Baca juga: Odong-odong Dilarang Beroperasi di Kota Batu, Kecuali di Tempat Wisata

Jatim Park 1 mengusung tema empat serangkai pewayangan, Punakawan CaturCahWib/Shutterstock Jatim Park 1 mengusung tema empat serangkai pewayangan, Punakawan Catur

Jatim Park 1 berdiri di atas lahan seluas 22 hektar sehingga sangat luas. Ada beragam wahana yang bisa dinikmati bersama keluarga di Jatim Park 1, seperti Himalaya Coaster, Sky Swinger, Funtastic Swimming Pool, Gold Mining Coaster, Flying Tornado, dan lainnya. 

Jatim Park 1 berlokasi di Jalan Kartika dua Kota Wisata Batu, Kota Batu, Malang. Jaraknya dari Alun-alun Batu sekitar 2,3 kilometer, dengan waktu tempuh sembilan menit.  

3. Jatim Park 2

Selain Jatim Park 1, Alun-alun Batu juga berdekatan dengan Jatim Park 2. Berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 lebih mengusung tema konservasi satwa modern dengan tiga wisata utama, yakni Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park.

Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang dengan fasilitas lengkap. Wisatawan tak hanya melihat ragam koleksi binatang, namun juga bisa menikmati wahana lainnya. 

Batu Secret Zoo dilengkapi dengan wahana River Adventure, Tiger Land, Safari Farm, Baby Zoo, waterpark, dan savana. Dengan luas 14 hektare, pengunjung dapat melihat dari dekat berbagai satwa dari beragam habitat di hutan tropis Asia, gurun Afrika, hingga dasar Samudera Pasifik. 

Baca juga: Mengenal Macan Dahan Asia dan Sunda, Koleksi Baru Batu Secret Zoo

Harimau di Batu Secret Zoo (Jawa Timur Park 2)SHUTTERSTOCK Harimau di Batu Secret Zoo (Jawa Timur Park 2)

Mengutip situs Jatim Park Group, dalam kawasan Jatim Park 2, juga terdapat taman wisata tematik lainnya, antara lain Museum Satwa dan Predator Fun Park. 

Museum Satwa menampilkan koleksi dari satwa langka dan purba. Sementara, di Predator Fun Park pengunjung bisa menyaksikan aneka jenis predator di lokasi ini seperti buaya dan ular. 

Lokasi Jatim Park 2 berada di Jalan Oro-Oro Ombo Nomor 9, Temas,  Kota Batu. Jaraknya dari Alun-alun Batu sekitar 4,2 kilometer, dengan waktu tempuh 12 menit.  

Baca juga: Aktivitas dan Harga Tiket Jatim Park 1, 2, dan 3

4. Eco Green Park 

Eco Green Park masih berada di kawasan Jatim Park 2. Beragam burung langka dan dilindungi dapat dijumpai di Eco Green Park.

Eco Green Park, Kota Wisata Batu, Jawa Timurhttp://www.ecogreenpark.co.id Eco Green Park, Kota Wisata Batu, Jawa Timur

Misalnya, lady amherst pheasant, golden pheasant, flamingo, dan scarlet ibis. Selain itu, obyek wisata ini dilengkapi dengan taman edukasi hijau yang penuh dengan teknologi ekologi, dari tenaga surya, kompos, pengolahan susu, dan kerangka robot dari 1.001 handphone

Eco Green Park juga menyediakan wahana edukasi hingga spot foto. Meliputi, Eco Science Center, simulasi PLTA, rumah hidroponik, foto 3D Art, dan rumah terbalik. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com