Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tempat untuk Melihat Embun Upas

Kompas.com - 27/07/2022, 18:46 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Embun es atau embun upas dikabarkan kembali turun di kompleks Candi Arjuna dan menyelimuti Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah pada Selasa (26/07/2022).

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Selasa, terkait kemunculan embun upas jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, pihak pengelola di lapangan memperkirakan kemunculannya berlangsung selama Juli hingga September.

Baca juga: 5 Tips Melihat Embun Upas di Dieng, Datang Pagi Hari

Jika penasaran ingin menyaksikan fenomena embun upas, berikut tiga rekomendasi tempat yang pas untuk dikunjungi.

Tempat melihat embun upas

1. Candi Arjuna Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Candi Arjuna Dieng, menjadi salah satu tempat melihat embun upas atau embun es.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Candi Arjuna Dieng, menjadi salah satu tempat melihat embun upas atau embun es.

Kompleks Candi Arjuna kerap jadi lokasi kemunculan embun upas setiap tahunnya. Jika ingin melihat fenomena ini datanglah sejak pagi hari. Sebab, jika matahari sudah mulai terbit, embun es biasanya akan ikut mencair.

"Kalau yang langsung, subuh sudah ada di situ. Biasanya kalau ada fenomena (embun es), setengah enam pagi. Kalau jam tujuh memang masih (ada), tapi seiring panas matahari, nanti embun itu sudah memuai," ujar Kepala UPT Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Sri Utami, mengutip Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Baca juga:

Jangan lupa kenakan pakaian tebal dan nyaman. Sebab, suhu udara di Dataran Tinggi Dieng selama periode kemunculan embun upas akan lebih dingin.

2. Ranu pane Lumajang, Jawa Timur

Desa Wisata Ranu Pani di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjadi salah satu tempat melihat embun upas atau embun esDok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Ranu Pani di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjadi salah satu tempat melihat embun upas atau embun es

Suhu dingin hingga tujuh derajat Celsius juga terjadi di Desa Ranupane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Selasa, suhu dingin ini sudah berlangsung sejak seminggu terakhir hingga menimbulkan embun es di dedaunan saat pagi hari.

Baca juga: Embun Upas, Sensasi Menikmati Winter di Dieng

Saat fenomena embun es muncul, cuaca di Ranupane terasa sangat dingin. Suhunya bisa sampai nol derajat, bahkan bisa minus. Saking dinginnya, jika pagi hari tidak ada kabut, dipastikan akan muncul embun es di dedaunan.

Dilaporkan, banyak pengunjung dari luar daerah yang datang berbondong-bondong untuk melihat secara langsung indahnya embun yang mengkristal seperti tertutup salju.

Fenomena embun es ini tidak berlangsung lama. Paling lama hanya satu jam, sekitar pukul 05.00-06.00 WIB. Lewat dari jam itu, es sudah leleh karena sudah terkena cahaya matahari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com