Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kafe Dekat Tugu Jogja, Cocok buat Nongkrong

Kompas.com - 01/08/2022, 12:24 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat sejumlah kafe dekat Tugu Jogja atau Tugu Yogyakarta yang merupakan salah satu ikon Kota Gudeg tersebut. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (21/2/2022), awalnya tugu tersebut bernama Tugu Golong Gilig, tetapi sekarang dikenal sebagai Tugu Pal Putih karena berwarna putih.

Tugu yang merupakan peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono I itu berada di Jalan Jenderal Sudirman, Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. 

Sebagai ikon, kawasan Tugu Jogja selalu ramai oleh wisatawan dan orang yang melintas. DI sekitar Tugu Jogja terdapat kafe yang bisa menjadi pilihan tempat nongkrong. 

Baca juga: Sejarah Taman Sari Jogja, Taman Air Tempat Rekreasi Para Sultan

Ilustrasi Yogyakarta.
SHUTTERSTOCK/Jaya Tri Hartono Ilustrasi Yogyakarta.

Kafe dekat Tugu Jogja

Berikut rekomendasi delapan kafe dekat Tugu Jogja, seperti dihimpun Kompas.com: 

1. Kebon Ndalem Coffee and Eatery

Setiap orang yang melewati kawasan Tugu Jogja pasti akan mudah menemukan Kebon Ndalem Coffee and Eatery. Lokasinya tepat berada di tepi jalan, tepatnya Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 2, Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Jogja.

Berdasarkan informasi dari situs Visiting Jogja Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, kafe ini merupakan lokasi tepat untuk menikmati keindahan Tugu Jogja, khususnya di malam hari. 

Baca juga: Pari Klegung di Kulon Progo Jogja, Wisata Kuliner Alam Terbuka Pas Buat Healing

Pengunjung bisa menyantap kuliner sembari memandang ikon Jogja tersebut dari balkon kafe. Kebon Ndalem Coffee and Eatery mengusung konsep kafe modern sehingga cocok untuk nongkrong, khususnya anak muda.

Menunya beragam dari masakan Nusantara, Asia, Barat, dan aneka cemilan.  

2. Shabu Auce 

Shabu Auce merupakan restoran all you can eat yang mengusung cita rasa Jepang, Thailand, dan Indonesia. Shabu Auce dikelola oleh jaringan Hotel Candi Baru Group.

Dikutip dari situs Hotel Candi Baru Group, Shabu Auce menyediakan layanan self service, dengan menggunakan one pot cooking atau individual pot.

Baca juga: 18 Wisata Pantai di Jogja Wilayah Gunungkidul yang Paling Terkenal

Salah satu menu di Shabu AuceDok. http://www.hotelcandibaru.com/ Salah satu menu di Shabu Auce

 Jadi, setiap pelanggan bisa menikmati masakan mereka masing-masing tanpa harus berbagi dengan yang lainnya atau disebut healthy cooking concept.

Shabu Auce menyediakan variasi kuah yang bermacam-macam, antara lain kaldu sapi, kaldu ayam, tomyum, sukiyaki, schezuan, dan serani. 

Lokasi Shabu Auce sangat dekat dengan Tugu Jogja, hanya satu menit berjalan kaki. Tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Jogja.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com