Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada yang Berselimut Salju Abadi 

Kompas.com - 03/08/2022, 21:01 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung tinggi. Sebagian dari gunung-gunung di Indonesia masih aktif, sehingga dijuluki sebagai ring of fire

Mengutip situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, gunung tertinggi di Indonesia membawa Tanah Air sebagai destinasi sport tourism yang banyak digandrungi wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Sport tourism merupakan wisata yang mengombinasikan antara olahraga dan pariwisata. 

Baca juga: Pendakian Gunung Gede Pangrango Tutup Selama 14-21 Agustus 2022

Gunung tertinggi di Indonesia 

Berikut daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia dikutip dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kompas.com

1. Puncak Jaya (4.884 mdpl)

Puncak Jaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Berdasarkan informasi dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Puncak Jawa memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Puncak Jaya merupakan bagian dari barisan Pegunungan Jayawijaya di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Gunung Puncak Jaya Papuashutterstock Gunung Puncak Jaya Papua

Salah satu daya tarik Puncak Jaya adalah selalu berselimut salju sehingga dikenal sebagai salju abadi. Gunung yang menjadi lokasi sport tourism ini merupakan sebuah gunung karang (limestone). 

Tak hanya di Indonesia, Puncak Jaya juga dinobatkan sebagai salah satu dari World Seven Summits. Untuk mencapai puncak, pendaki harus memiliki keahlian panjat tebing yang mumpuni.

Baca juga: 5 Gunung di Sekitar Wisata Dieng, Bisa Sekalian Mendaki

2. Gunung Sumantri (4.870 mdpl)

Gunung tertinggi kedua adalah Gunung Sumantri. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (30/10/2021), Gunung Sumantri menjulang setinggi 4.870 mdpl. 

Serupa dengan Puncak Jaya, puncak Gunung Sumantri juga berselimut salju abadi. Lokasi Gunung Sumantri masuk dalam Provinsi Papua Barat, tidak jauh dari Puncak Jawa sekitar dua kilometer ke arah utara. 

Daya tarik Gunung Sumantri adalah salju abadi yang terhampar di atas bebatuan berwarna abu kehitaman. Untuk mendaki Gunung Sumantri membutuhkan keahlian mendaki yang mumpuni karena medannya cukup terjal. 

Baca juga: 5 Gunung Ramah Pemula di Jawa Tengah yang Pas untuk Libur 17 Agustus

3. Ngga Pulu (4.862 mdpl) 

Gunung tertinggi selanjutnya masih berada di Pegunungan Jayawijaya, yakni Ngga Pulu dengan ketinggian 4.862 mdpl. 

Puncak Ngga Pulu juga tertutup dengan bentangan salju. Namun, berdasarkan informasi dari Tribun News, (22/4/2010), bentangan es di puncak Ngga Pulu semakin berkurang akibat pemanasan global. 

Tim Bravo Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia dari Wanadri bersiap menyusuri jalur es puncak Nggapulu atau puncak Soekarno di ketinggian sekitar 4.700 meter di atas permukaan laut (mdpl), kawasan Pegunungan Jayawijaya, Papua, Senin (19/4/2010). Pendakian ke daerah puncak Nggapulu ini sebagai ajang pengenalan medan dan aklimatisasi bagi tim sebelum menuju puncak Carstensz Pyramid atau Ndugu-Ndugu yang berada di ketinggian 4.884 mdpl. KOMPAS/HARRY SUSILO Tim Bravo Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia dari Wanadri bersiap menyusuri jalur es puncak Nggapulu atau puncak Soekarno di ketinggian sekitar 4.700 meter di atas permukaan laut (mdpl), kawasan Pegunungan Jayawijaya, Papua, Senin (19/4/2010). Pendakian ke daerah puncak Nggapulu ini sebagai ajang pengenalan medan dan aklimatisasi bagi tim sebelum menuju puncak Carstensz Pyramid atau Ndugu-Ndugu yang berada di ketinggian 4.884 mdpl.

4. Puncak Mandala (4.760 mdpl) 

Pegunungan Jayawijaya menjadi rumah bagi puncak-puncak gunung tertinggi di Indonesia. Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah Puncak Mandala. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (11/12/2021), ketinggian Puncak Mandala adalah 4.760 mdpl. Pada masa penjajahan Belanda, Puncak Mandala dikenal dengan nama Juliana Top atau Puncak Juliana. 

Seperti puncak lain di Pegunungan Jayawijaya, Puncak Mandala juga tertutup salju. Namun, karena pemanasan global salju di Puncak Mandala mulai berkurang. 

Baca juga: Gunung Raung Meletus, Jalur Pendakian Ditutup

5. Puncak Trikora (4.750 mdpl)

Gunung tertinggi selanjutnya masih berada di Tanah Papua, yakni Puncak Trikora. Gunung yang berada di Papua Barat memiliki ketinggian mencapai 4.750 mdpl. 

Penduduk setempat menyebut Puncak Trikora dengan nama Puncak Ettiakup. Gunung ini memiliki beberapa kawasan hutan seperti hutan Montane, hutan Ericaceous, dan hutan Dipterokarp Atas. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com