Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Golo Koe di Labuan Bajo, Tonjolkan Kekayaan Budaya dan Spiritual Setempat

Kompas.com - 05/08/2022, 09:51 WIB
Nansianus Taris,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat bersama Keuskupan Ruteng akan menggelar Festival Golo Koe di Labuan Bajo selama 8-15 Agustus 2022.

Festival yang berpusat di Gua Maria Golo Koe Labuan Bajo dan Waterfront City Marina Labuan Bajo ini digagas oleh Keuskupan Ruteng, bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Manggarai Barat, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), serta sejumlah stakeholder pariwisata.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Labuan Bajo, Bisa ke Mana Saja?

Ia menambahkan, festival ini diselenggarakan untuk menumbuhkan pariwisata Labuan Bajo-Flores yang berakar dan bertumbuh dalam keunikan serta kekayaan budaya dan spiritual setempat. Selain itu, untuk mendorong aktivitas ekonomi kreatif masyarakat sekitar.

"Atas dasar itu moto dan karakter dasar festival ini adalah Pariwisata Holistik: Berpartisipasi, Berbudaya, dan Berkelanjutan," ujar Wakil Bupati Manggarai Barat sekaligus Ketua Umum Panitia Festival Golo Koe Labuan Bajo, Yulianus Weng dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (05/08/2022) pagi.

Baca juga: Naik Kapal Phinisi di Labuan Bajo, Bisa Apa Saja?

Festival itu, lanjut dia, melibatkan umat Allah Keuskupan Ruteng dari seluruh pelosok tanah Nuca Lale menggandeng komunitas muslim dan komunitas lintas agama lain.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Secara rinci, aktivitas tersebut akan diisi kegiatan seperti panggung musik yang dimeriahkan musisi asal Manggarai Ivan Nestorman, serta pekan pameran dan kuliner yang melibatkan UMKM dari seluruh wilayah Keuskupan Ruteng, Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai Timur.

Nyanyian dan tari-tarian dengan unsur budaya lokal juga akan ditampilkan dalam festival tersebut.

Selain itu, ada pula aktivitas pembersihan lingkungan dan kegiatan sosial lain, seperti pembagian sembako ke panti-panti sosial.

Baca juga: Tarif Pulau Komodo Naik, Ini 5 Pilihan Wisata di Labuan Bajo

Prosesi Akbar Bunda Maria Assumpta Nusantara akan dilakukan pada 14 Agustus, baik di darat maupun laut Labuan Bajo. Prosesi ini berakar dalam tradisi umat Katolik di Flores serta dijalankan dalam semangat kebersamaan dan toleransi dengan komunitas lintas agama.

Pada 15 Agustus atau hari terakhir, akan diselenggarakan Misa Agung Maria Assumpta Nusantara di Waterfront City Labuan Bajo. Malam penutup festival akan dimeriahkan pula oleh panggung musik dengan penampil utama penyanyi Citra Scholastika.

"Festival Golo Koe Labuan Bajo ini ingin mengungkapkan bahwa pariwisata sejatinya adalah ziarah mengendus jejak Allah dalam suka cita perjumpaan antarmanusia, antarbudaya, dan ketakjuban alam yang mempesona," ujarnya.

Baca juga: Wisata Sepanjang Trans Pantai Utara NTT, Labuan Bajo hingga Flores Timur

Ia pun mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam seluruh rangkaian kegiatan festival ini serta menyebarluaskannya kepada semua orang yang ingin berbagi suka cita di Kota Labuan Bajo, Flores.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com