Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Wings Air Terbang Perdana dari Bandara Pondok Cabe

Kompas.com - 05/08/2022, 13:05 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Maskapai Wings Air mengoperasikan penerbangan perdana dari Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, hari ini, Jumat (05/08/2022).

Penerbangan perdana dilangsungkan untuk rute menuju Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga dan Bandar Udara Ngloram di Cepu, Blora, Jawa Tengah.

Baca juga: Bandara Pondok Cabe Layani Penerbangan Komersial, tapi Hanya Sementara

"Wings Air optimis operasional dan layanan penerbangan dari dan ke destinasi baru tersebut akan mendukung kelancaran transportasi udara serta berkontribusi terhadap pergerakan perekonomian," ungkap Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat.

Ilustrasi pesawat ATR 72 yang digunakan oleh Wings Air. Penerbangan perdana Wings Air melalui Bandara Pondok Cabe dilakukan Jumat (05/08/2022).DOK WINGS AIR Ilustrasi pesawat ATR 72 yang digunakan oleh Wings Air. Penerbangan perdana Wings Air melalui Bandara Pondok Cabe dilakukan Jumat (05/08/2022).

Pada tahap awal, frekuensi terbang adalah satu kali seminggu setiap hari Jumat untuk perjalanan pergi-pulang dengan rute sebagai berikut:

  • Pondok Cabe-Purbalingga (IW-1710) berangkat pukul 08.20 WIB dan tiba pukul 09.30 WIB.
  • Purbalingga-Pondok Cabe (IW-1711) berangkat pukul 09.50 WIB dan tiba pukul 11.00 WIB.
  • Pondok Cabe-Cepu Blora (IW-1910) berangkat pukul 11.20 WIB dan tiba pukul 12.55 WIB.
  • Cepu Blora-Pondok Cabe (IW-1911) berangkat pukul 13.15 WIB dan tiba pukul 14.45 WIB.

Baca juga: Syarat Bawa Laptop dan Powerbank ke Pesawat Lion Air, Batik Air, dan Wings Air

Adapun Wings Air mengoperasikan pesawat ATR 72-600 dan ATR 72-500 buatan Perancis-Italia.

Penerbangan komersial Bandara Pondok Cabe hanya sementara

Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten untuk sementara juga digunakan untuk penerbangan komersial.SHUTTERSTOCK/YUDHISTIRA ADITYAWARDHANA Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten untuk sementara juga digunakan untuk penerbangan komersial.

Adapun beroperasinya Bandara Pondok Cabe sebagai bandara komersial hanya berlaku sementara hingga revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma rampung.

Baca juga: Aturan Bagasi Pesawat Terbaru dari 7 Maskapai Indonesia

Dikutip dari Kompas.com (28/07/2022), hal itu sesuai Keputusan Menteri (KM) Perhubungan No 13 tahun 2022.

"Bandara Pondok Cabe selama ini adalah bandara khusus, bukan untuk umum. Sesuai dengan isi KM butir kelima, Pondok Cabe sebagai bandara umum berlangsung sampai beroperasinya kembali sisi udara Bandara Halim Perdanakusuma," tutur Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati saat dihubungi Kompas.com, Kamis (28/07/2022).

Baca juga: Apakah Ketinggalan Pesawat Bisa Refund Tiket? Berikut Ketentuannya

Saat ini, Bandara Halim Persanakusuma sudah selesai direvitalisasi, namun sementara masih untuk kepentingan militer dan VVIP (Very Very Important Person).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya menyampaikan bahwa Bandara Halim Perdanakusuma diproyeksikan dapat digunakan kembali untuk penerbangan komersial secepatnya pada September mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com