Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Pesawat Melambung, Bus Jakarta-Bali Jadi Opsi

Kompas.com - 11/08/2022, 19:07 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Harga tiket pesawat yang telah melambung dikabarkan naik lagi per 4 Agustus 2022.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan No. 142 tahun 2022 tentang Besaran Biaya Tambahan (Surcharge) Yang Disebabkan Adanya Fluktuasi Bahan Bakar (Fuel Surcharge) Tarif Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Mengutip Kompas.com, Senin (8/8/2022), dalam surat keputusan tersebut, maskapai bisa menaikkan biaya tambahan (surcharge) untuk pesawat udara jenis jet maksimal 15 persen dari tarif batas atas sesuai kelompok pelayanan masing-masing maskapai.

Baca juga:

Sedangkan untuk pesawat udara jenis propeller, maksimal 25 persen dari tarif batas atas sesuai kelompok pelayanan masing-masing maskapai.

Ketua DPP Organda (Organisasi Angkutan Darat) sekaligus Direktur utama PT SAN Putra Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan mengatakan, mahalnya tiket pesawat cukup membawa perubahan pada pemesanan tiket bus antarkota yang ada di Pulau Jawa.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

"Jadi memang kami angkutan darat, setelah lebih leluasa bergerak, setelah 2021 yang lalu, cukup bagus (dampaknya). Salah satu faktornya adalah harga tiket pesawat yang mahal," ujar Kurnia kepada Kompas.com, Kamis (11/8/2022).

Naiknya pemesanan tiket bus ke Bali

Salah satu contohnya, kata Kurnia, adalah pada pemesanan tiket bus rute Jakarta-Denpasar, yang tadinya hanya terisi sekitar 30-40 persen saja, sekarang sudah mencapai 70-80 persen, bahkan mencapai 100 persen pada hari-hari tertentu. 

"Yang sangat berdampak itu bukan hanya dari Jakarta, tetapi juga dari daerah seperti dari Jawa Tengah rute Semarang-Denpasar, Malang-Denpasar, Jogja-Denpasar, serta daerah Jawa Timur bagian Utara, dari Surabaya dan Gresik," tutur dia.

Baca juga: Syarat Melihat Ikan Mola-mola di Nusa Penida Bali, Jangan Sentuh

Menurut Kurnia, tingginya antusias calon penumpang ini juga dipengaruhi oleh faktor jalan tol yang sudah sampai ke Probolinggo.

"Ini kan mempersingkat waktu yang lumayan signifikan. Jadi perjalanan dari Gempol sampai Probolinggo mempersingkat waktu 2-3 jam. Saat ini Jakarta-Denpasar sudah bisa tembus 20-an jam, sebelum ada tol 27-30jam," kata Kurnia.

Adapun sejumlah bus yang melayani trayek Jakarta-Denpasar antara lain Lorena, Kramat Djati, Gunung Harta, dan Safari Dharma.

Baca juga: 7 Tips Dapat Tiket Pesawat Murah, Cari Waktu yang Tepat untuk Memesan

Namun, kata Kurnia, ada pula bus yang transit terlebih dulu di Surabaya, seperti bus Rasa Sayang, Tiara Mas, Dunia Mas, dan Titian Mas.

Perbandingan harga tiket pesawat dan bus jakarta-Denpasar

Sementara, untuk perbandingan harga tiket pesawat dan tiket bus, berdasarkan pantauan Kompas.com di sejumlah Online Travel Agen (OTA), tiket pesawat Jakarta-Bali pada tanggal 20 September 2022 mulai dari Rp 974.000.

Kabin bus AKAP baru PO HaryantoDOK. NEW ARMADA Kabin bus AKAP baru PO Haryanto

Kemudian, untuk harga tiket bus kelas eksekutif Jakarta-Denpasar, di hari yang sama, mulai dari Rp 500.000.

"Untuk rute ini tidak ada yang ekonomi, semuanya executive, tarif kisaran Rp 550.000-Rp 650.000," kata Kurnia.

Baca juga: Citilink Layani Rute Medan-Penang dan Denpasar-Dili PP, Ini Jadwalnya

Sedangkan pemesanan tiket bus bisa dilakukan lewat berbagai OTA, laman resmi redbus dan sistem masing-masing operator bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com