Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Sosial Bisa Dukung Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kompas.com - 15/08/2022, 08:07 WIB
Mutiara Godelava Elbertha Hasian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.COM - Dukungan terhadap pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif usai dihantam pandemi Covid-19 bisa dilakukan melalui media sosial.

Memeriahkan HUT ke-77 RI, TikTok kampanyekan Jelajah #SerunyaIndonesia, TikTok berkomitmen untuk terus mendukung perekonomian bangsa setelah masa pandemi Covid-19.

Kampanye ini dilakukan dengan pendekatan kepada dua sektor, yakni pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kita mencoba pendekatan dengan dua sektor utama yaitu pariwisata dan ekonomi kreatif, karena itu dua sektor yang paling terdampak saat pandemi,” jelas Head of Operations TikTok Indonesia Mahwari Sadewa Jalutama.

Baca juga: Dongkrak Sektor Pariwisata, STB Hubungkan Agen Travel Indonesia dengan Pelaku Wisata Singapura

Pernyataan itu ia sampaikan dalam rangkaian acara #SerunyaIndonesia On The Road, di Bali, Minggu (14/8/2022).

Tema #SerunyaIndonesia pun diselaraskan dengan konsep “Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat” dari pemerintah.

5 Kampanye #SerunyaIndonesia

Tama lantas menjelaskan lima rangkaian acara perayaan kampanye #SerunyaIndonesia.

“Yang pertama itu hashtag challenge #SerunyaIndonesia. Dimulai dari tanggal 6-21 Agustus (2022), dengan tema Indonesia," ujar Tama.

Ia melanjutkan, semua kreator itu bisa mengunggah dengan hashtag #SerunyaIndonesia dan mengikuti style mereka masing-masing untuk mendapatkan hadiah senilai Rp 77 juta sesuai tanggal ulang tahun Indonesia.

Mahwari Sadewa Jalutama, Head of Operations TikTok Indonesia saat ditemui di Nori Bali, Minggu (14/8/2022).KOMPAS.com/MUTIARA BERTHA Mahwari Sadewa Jalutama, Head of Operations TikTok Indonesia saat ditemui di Nori Bali, Minggu (14/8/2022).

Rangkaian acara kedua yakni Jelajah #SerunyaIndonesia. Program ini berbentuk livestream melalui fitur TikTok Live yang mempromosikan 77 wisata yang ada di Indonesia.

Dalam program ini, TikTok menggandeng empat kreator Tanah Air untuk mempromosikan daerah wisata dan berinteraksi langsung dengan audiens.

Rangkaian acara ketiga adalah For Your Fashion di Kota Kasablanka Jakarta. Kegiatan ini menggandeng sepuluh brand lokal dan mengadakan bazaar untuk membantu perekonomian lokal. Rangkakan ini digelar pada tanggal 11-21 Agustus 2022.

Baca juga: Wellness Tourism, Kunci Pemulihan Pariwisata Indonesia

Rangkaian acara keempat adalah #MajuBarengTikTok, yang bekerja sama dengan 5.000 UMKM lokal. Ribuan UMKM itu diberikan pelatihan mengenai pemanfaatan platform media sosial dalam memaksimalkan penjualan terkhususnya platform TikTok.

“Yang terakhir, puncak acara, kita akan punya Festival #SerunyaIndonesia yang akan dilangsungkan di Jakarta tanggal 19 Agustus ini. Ada pemecahan rekor MURI, penampilan Slank, dan turnamen dengan skala lebih besar,” lanjut Tama.

Para peserta mengituki salah satu sesi kampanye #SerunyaIndonesia On The Road bersama TikTok di Nori Bali, Minggu (14/8/2022)KOMPAS.com/MUTIARA BERTHA Para peserta mengituki salah satu sesi kampanye #SerunyaIndonesia On The Road bersama TikTok di Nori Bali, Minggu (14/8/2022)

Dukungan TikTok terhadap perekonomian Indonesia tidak akan berhenti sampai rangkaian acara #SerunyaIndonesia selesai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com