Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tempat Wisata Gratis di Semarang, Lihat View Kota dari Ketinggian

Kompas.com - 25/08/2022, 14:26 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ada banyak tempat wisata di Semarang yang gratis dan bisa diakses bebas oleh publik.

Memilih destinasi yang bebas biaya tentu tak bakal membebani kantong dan kita bisa mengalihkannya untuk keperluan lain, misalnya sewa penginapan atau kulineran.

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Semarang, Mulai dari Alam Sampai Sejarah

Berikut ini beberapa tempat wisata di Semarang yang gratis dan bisa kamu kunjungi. Beberapa di antaranya merupakan ikon Kota Lumpia yang sangat cocok bagi wisatawan dari luar daerah atau bahkan wisatawan mancanegara.

Tempat wisata di Semarang yang gratis

1. Kota Lama

Kawasan Kota Lama, salah satu destinasi wisata Semarang yang gratis dan bisa diakses secara bebas.WIKIMEDIA COMMONS/@centraljawa Kawasan Kota Lama, salah satu destinasi wisata Semarang yang gratis dan bisa diakses secara bebas.

Kawasan Kota Lama menjadi salah satu ikon Semarang dan destinasi wisata wajib jika pelesir ke ibu kota Jawa Tengah tersebut.

Jika hendak mengelilingi kawasan ini, wisatawan tak perlu membayar tiket masuk. Kecuali, jika mau masuk ke atraksi yang ada di sana atau membeli makanan di restoran.

Dikutip dari situs Badan Otorita Borobudur (BOB) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kawasan berjuluk Little Netherland atau Belanda Kecil ini menyuguhkan nuansa yang khas karena bangunan-bangunan yang ada di sana masih mempertahankan gaya arsitektur Eropa tahun 1700-an.

Bangunan-bangunan yang berdiri di kawasan Kota Lama adalah saksi bisu sejarah masa kolonial Belanda. Di sana, pengunjung bisa menemukan ikon Kota Semarang, seperti Gereja Blenduk, pabrik rokok, stasiun, dan lainnya, yang bergaya khas Eropa masa lalu.

Baca juga: 7 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semarang

Untuk itu, salah satu aktivitas utama wisatawan yang berkunjung ke Kota Lama adalah berfoto dengan latar bangunan atau suasana khas Eropa di sana.

Kendati demikian, bukan berarti Kota Lama tak mendapat sentuhan modern. Wisatawan bisa menemukan beberapa kedai kopi atau kafe yang kerap disambangi anak muda atau dijadikan tempat nongkrong.

2. Simpang Lima

Kawasan Simpang Lima Semarang, Jawa TengahDok. Pemkot Semarang Kawasan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah

Ikon Kota Semarang lainnya adalah Simpang Lima, yang berlokasi di pusat kota. Untuk menjelajahi area publik ini, tentu tak dikenakan biaya alias gratis.

Mampir ke salah satu sentral jual-beli dan kulineran di Semarang ini wajib dimasukkan ke dalam rencana perjalanan, terutama jika kamu ingin mencicipi makanan khas lokal.

Dikutip dari Kompas.com, (25/04/2022), pada malam hari kamu bisa berkeliling naik becak yang dihiasi lampu meriah.

Baca juga: Itinerary 1 Hari di Semarang, Wisata Religi dan Kuliner Simpang Lima

Biaya naik becak lampu berkisar dari Rp 35.000 sampai dengan Rp 60.000, untuk dua kali keliling.

Kamu juga bisa jajan beragam kuliner yang tersedia, seperti opor ayam, nasi pecel, tahu petis, dan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com