Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berkunjung ke Dieng Culture Festival 2022, Bawa Jaket Tebal

Kompas.com - 30/08/2022, 13:09 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.comDieng Culture Festival (DCF) 2022 akan kembali digelar untuk masyarakat umum pada Jumat-Minggu (2-4 September 2022).

Sebelumnya, gelaran DCF sempat digelar secara tertutup dan hanya bisa dinikmati secara virtual pada 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata Batu Angkruk Dieng

Bagi kamu yang sudah memiliki tiket, memesan penginapan dan berencana berangkat menyaksikan DCF 2022, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Bawa jaket tebal

Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan pegunungan yang suhu udaranya lebih rendah dibanding dataran rendah.

Kawasan Candi Arjuna Dieng yang berselimut kabut pada Pagi Hari.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Candi Arjuna Dieng yang berselimut kabut pada Pagi Hari.

Bahkan, terkadang muncul embun puas atau embun es saat suhu sedang dingin-dinginnya. Kamu pun perlu jaket tebal jika berangkat ke DCF 2022.

Baca juga: Flashback Dieng Cultur Festival 2019 yang Terakhir Sebelum Pandemi

Pada 2019, puluhan ribu orang yang memadati Lapangan Pandawa pun tidak mampu menghangatkan suhu udara kala itu.

2. Jalan kaki dari penginapan

Pengunjung DCF 2022 disarankan untuk berjalan kaki dari penginapan ke lokasi event, terlebih pada acara puncak malam hari kedua.

Kemacetan Parah di Dieng usai Acara Senandung Negeri di Atas Awan (03/08/2019).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kemacetan Parah di Dieng usai Acara Senandung Negeri di Atas Awan (03/08/2019).

Itu karena kawasan Dieng akan sangat ramai dan menimbulkan kemacetan panjang. Kompas.com sempat mengalami terjebak macet. Saat itu, perjalanan 2 menit bisa jadi 1 jam.

3. Berangkat lebih awal saat acara malam

Acara malam hari bisa dibilang merupakan rangkaian yang paling dinanti pengunjung DCF. Oleh karena itu, biasanya lapangan akan langsung ramai begitu malam tiba.

Baca juga: Wisatawan Dieng Culture Festival Diimbau Siap dengan Suhu Dingin

Pengunjung DCF pun diimbau bergegas berangkat ke lokasi acara begitu malam tiba agar mendapat tempat menonton terbaik.

4. Jangan minum terlalu banyak jelang acara malam

Minum memang penting. Namun, pengunjung DCF 2022 disarankan tidak minum berlebihan jelang acara malam hari.

Itu karena dinginnya udara malam hari membuat tubuh tidak berkeringat, sehingga kamu kemungkinan akan lebih sering buang air kecil.

Suasana saat Lagu Bagimu Negeri Berkumandang di Senandung Negeri Atas Awan 2019.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Suasana saat Lagu Bagimu Negeri Berkumandang di Senandung Negeri Atas Awan 2019.

Oleh karena itu, minum secukupnya jelang acara malam hari agar tidak terlalu sering buang air kecil.

Perlu diketahui, ada toilet umum di sekitar venue. Namun, kamu perlu berjalan melewati banyak orang untuk ke toilet dan kembali lagi ke tempat semula yang tentunya merepotkan sekaligus membuang waktu.

5. Perhatikan jadwal transportasi untuk pulang

Bagi mereka yang ke Dieng dari daerah jauh naik transportasi umum, seperti travel atau bus, perhatikan jadwal keberangkatan untuk kembali pulang.

Candi Arjuna, salah-satu candi di kompleks candi Dieng, saat ada acara yang melibatkan masyarakat.Lilik Darmawan Candi Arjuna, salah-satu candi di kompleks candi Dieng, saat ada acara yang melibatkan masyarakat.

Jangan sampai ketinggalan kendaraan yang akan membawamu pulang. Pada DCF 2019, kebanyakan pengunjung mulai pulang sebelum siang pada hari terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com