Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fakta Raden Saleh, Pelukis Asal Indonesia yang Pernah ke 5 Negara

Kompas.com - 30/08/2022, 20:08 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Film Mencuri Raden Saleh sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat, khususnya dari dunia perfilman Indonesia.

Film garapan rumah produksi Visinema Pictures yang telah tayang sejak Kamis (25/8/2022) tersebut hingga kini sudah disaksikan setengah juta penonton.

Baca juga: Masjid Jami Al-Makmur di Jakarta Pusat yang Melegenda Sejak Jaman Raden Saleh

Ceritanya berkisah tentang pencurian yang dilakukan sekelompok anak muda terhadap sebuah lukisan bernama "Penangkapan Pangeran Diponegoro" karya salah satu pelukis tersohor Indonesia, Raden Saleh.

Disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, film ini juga diperankan oleh deretan aktor dan aktris peran Tanah Air, antara lain Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Umay Shahab, Ari Irham, Aghniny Haque, dan Rachel Amanda.

Lantas, siapa itu Raden Saleh? Berikut Kompas.com rangkum informasi soal pelukis ini.

1. Terlahir di keluarga ningrat

Raden Saleh memiliki nama asli Raden Saleh Syarif Bustaman. Laki-laki ini lahir pada Mei 1811 di Semarang, Jawa Tengah, dalam lingkup bangsawan Arab-Jawa ningrat.

Ia mendapat darah Arab dari ayahnya yang bernama Sayyid Husen bin Alwi bin Awal bin Yahya, sedangkan darah Jawa ia peroleh dari sang ibu, Mas Ajeng Zarip Husen.

Baca juga: Rumah Raden Saleh Dikonservasi

Dikutip dari buku Raden Saleh: Kehidupan dan Karyanya (2018) oleh Werner Kraus, buyut Raden Saleh yaitu Sayyid Abdullah Muhammad Bustam alias Ki Bustam adalah seorang bawahan Bupati Terboyo pada Kerajaan Belanda saat itu.

Keluarga Bustaman juga berperan besar dalam bidang agama, dengan beberapa anggota keluarga menjabat sebagai penghulu atau pejabat Islam tertinggi suatu wilayah.

2. Belajar melukis hingga ke Eropa

Potret Gubernur Jendral Hindia Belanda Johannes Graaf van den Bosch (1780-1844) dilukis oleh Raden Saleh pada 1811 ?1880.Rijksmuseum Potret Gubernur Jendral Hindia Belanda Johannes Graaf van den Bosch (1780-1844) dilukis oleh Raden Saleh pada 1811 ?1880.

Sejak usia belia, Raden Saleh belajar banyak hal dari orang-orang yang ahli di bidangnya. Ia belajar menggores sketsa di bawah bimbingan Antonie A.J Paijen dan J. Th. Bik, dilansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Raden Saleh dibantu oleh pelukis keturunan Belgia, yaitu A.A.J. Payen, yang terkesan akan bakat Raden Saleh. Oleh sebab itu, ia mengusulkan agar Raden Saleh dapat belajar ke Eropa.

Usulan Payen didikung oleh Gurbernur Jenderal G.A.G.Ph. van der Capellen yang saat itu memerintah Hindia Belanda. Ia juga bersedia membiayai Raden Saleh untuk bersekolah ke Eropa, dikutip dari Kompas.com, Senin (22/8/2022).

Tahun 1829, Raden Saleh muda pergi ke Belanda menggunakan kapal Pieter en Karel. Sesampainya di negara tersebut, ia belajar melukis potret dari Cornelis Kruseman dan melukis panorama dari Andreas Schelfout.

Baca juga: Mengenal Raden Saleh, Sang Pelukis Legendaris Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com