Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Siapkan Bujet untuk Mendaki Gunung dan Kisaran Harganya

Kompas.com - 31/08/2022, 20:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mendaki gunung adalah aktivitas yang seru dan menantang. Saat pandemi, mendaki gunung menjadi kegiatan yang semakin diminati seiring dengan semakin tingginya minat berwisata alam.

Sama seperti aktivitas wisata lainnya, mendaki gunung membutuhkan perencanaan yang matang, termasuk dari segi biaya, khususnya bagi pendaki pemula.

Baca juga:

Berbeda dari para pencinta gunung yang sudah terbiasa mendaki, pendaki pemula mungkin belum semuanya tahu berapa kisaran biaya atau perlengkapan yang diperlukan.

Jika ingin tahu tips menyiapkan bujet saat pendakian dan kisarannya, simak informasi berikut ini.

Baca juga: Jangan Cuma Bawa Bekal Mi Instan Saat Mendaki Gunung, Ini Alasannya

Tips menyiapkan biaya mendaki gunung

ILUSTRASI - Tas gunungrottonara/Pixabay ILUSTRASI - Tas gunung

Eiger Adventure Service Team Galih Donikara mengatakan bahwa, biaya perlengkapan mendaki gunung yang berkualitas memang cukup mahal. Oleh karena itu, ada baiknya para pendaki menyicil sedikit demi sedikit.

"Begitu kita ingin mendaki gunung pada saat itu juga ya semuanya jadi mahal, tapi kalau kita menyicil kan tidak. Kan musim pendakian itu antara April sampai Desember, bisa dicicil sebelumnya," ujar Galih, dalam acara Travel Talk: Tips Mendaki Gunung bagi Pemula yang disiarkan daring lewat media sosial dan YouTube Kompas.com, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: 10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada yang Berselimut Salju Abadi 

Ia melanjutkan, biaya perlengkapan mendaki secara lengkap bisa mencapai Rp 5 jutaan. Namun, biaya ini tidak akan terlalu terasa jika dicicil misalnya per bulan.

"Kalau misalnya bulan ini nabung sejuta untuk sepatu, bulan depan untuk sleeping bag, lalu bulan depannya lagi carrier, dan seterusnya, kan jadi tidak terasa," katanya.

Utamakan perlengkapan dengan kualitas yang baik

Menurut Galih, bujet untuk perlengkapan juga tergantung dari kepentingan pembeli terhadap barang tersebut. Ada harga ada kualitas, yang berarti jika mencari kualitas bagus, tentunya harga barang juga lebih tinggi. 

Adapun untuk perlengkapan dengan kualitas baik, kata Galih, biasanya sudah memiliki harga yang pasti. 

"Kalau ngomong sepatu yang ideal, di atas Rp 700.000 sampai Rp 1 jutaan. Carrier pun sama juga segitu, rata-rata Rp 1 jutaan. Sleeping bag di antara Rp 300.000 sampai Rp 500.000," jelasnya. 

Terkait harga pakaian, celana dibanderol mulai dari Rp 400.000, topi mulai dari Rp 120.000, kaus mulai dari Rp 300.000, dan jaket tahan air mulai dari Rp 600.000. 

Baca juga: 6 Tips Cegah Tersesat Saat Mendaki Gunung dan Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com