Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurong Bird Park Singapura Ditutup Awal Januari 2023

Kompas.com - 03/09/2022, 06:07 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Tempat wisata Jurong Bird Park di Singapura akan ditutup pada awal Januari 2023, tepatnya pada hari Selasa (3/1/2023), guna persiapan relokasi ke Bird Paradise di Mandai Wildlife Reserve.

"Jurong Bird Park (JBP) telah menjadi tempat penuh kenangan spesial bagi banyak generasi di Singapura yang telah tumbuh bersama dengan taman ini. Banyak dari kami yang mengingat JBP sebagai tempat untuk kegiatan sekolah, berkumpulnya keluarga, dan bahkan kencan pertama," tutur Group CEO Mandai Wildlife Group, Mike Barclay, dilansir dari laman resminya, Jumat (2/9/2022).

Baca juga:

Ia melanjutkan, taman ini juga berperan penting dalam konservasi spesies burung, termasuk Negros Bleeding-heart (sejenis merpati) dan Straw-headed bulbul (cucakrawa). 

Untuk diketahui, tanggal penutupan Jurong Bird Park tersebut juga bertepatan dengan perayaan hari jadinya yang ke-52.

Oleh sebab itu, dari hari Sabtu (3/9/2022) hingga penutupan, terdapat program bertajuk A Flight to Remember yang bisa dinikmati wisatawan.

Baca juga: Syarat Masuk Singapura Mulai 29 Agustus, dari Masker hingga Karantina

A Flight to Remember di Jurong Bird Park

Wahana Panorail di Jurong Bird Park Singapura.Dok. Mandai Wildlife Group Wahana Panorail di Jurong Bird Park Singapura.

Program A Flight to Remember terdiri dari beragam kegiatan, di antaranya Countdown with Us! Photo PointHeritage Trail, Onboard the Panorail Photo Point, dan #ShareYourMemories. 

Heritage Trail, misalnya, mengajak pengunjung untuk napak tilas beberapa momen penting selama tempat wisata ini beroperasi, termasuk proses transformasinya setelah pertama kali dibuka tahun 1971.

Pengunjung juga bisa bernostalgia dengan replika wahana Panorail. Wahana ini merupakan monorel bagi pengunjung yang ingin menjelajahi taman dari tahun 1992 hingga 2012.

Dalam rangka momen perpisahan, Panorail Station pun dibuka untuk pengunjung, lengkap dengan spot-spot foto. 

Baca juga: Singapura Longgarkan Aturan Masker Mulai 29 Agustus 2022

Pada bulan November 2022, akan ada program makan malam nostalgia dan program Nostalgic Signature Tour.

Program Nostalgic Signature Tour akan mengajak pengunjung mengikuti berbagai kegiatan di tempat wisata ini, mulai dari belajar sejarah hingga sesi memberi makan burung. Pemesanan tiket untuk program tersebut akan dimulai pada 19 Oktober 2022.

Baca juga: Dongkrak Sektor Pariwisata, STB Hubungkan Agen Travel Indonesia dengan Pelaku Wisata Singapura

"Jurong Bird Park sudah seperti rumah kedua kami, dan momen ini akan menjadi kenangan manis sekaligus menyedihkan bagi kami. Sembari kami mengenang memori terbaik di Jurong, kami juga menantikan permulaan yang baru dengan Bird Paradise di Mandai Wildlife Reserve, sekaligus jadi bagian dari fase transformatif dari taman burung Singapura," kata Vice President Jurong Bird Park, Daisy Ling.

Tiket masuk Jurong Bird Park bisa dibeli online melalui situs web resminya. Harganya mulai dari 38 Dolar Singapura (sekitar Rp 403.871) untuk pengunjung dewasa, dan mulai dari 25 Dolar Singapura (sekitar Rp 265.705) untuk pengunjung anak berusia 3-12 tahun.

Baca juga: Indonesia Sumbang Jumlah Pengunjung Terbanyak ke Singapura Selama 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com