Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ende Jadi Lokasi Flores Writers Festival 2022 Mulai 28 September

Kompas.com - 06/09/2022, 08:04 WIB
Serafinus Sandi Hayon Jehadu,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

ENDE, KOMPAS.com - Flores Writers Festival 2022 akan diadakan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 28 September - 1 Oktober 2022. Acara ini sebelumnya digelar di Ruteng, Kabupaten Manggarai pada tahun 2021.

"Festival kedua ini mengusung tema mai kea bego gha wewa sa’o (mari bermain di halaman)," ujar Manager Program Flores Writers Festival Maria Pankratia dalam keterangannya, Senin (5/9/2022).

Baca juga: 

Tema ini, jelasnya, diproyeksikan untuk membicarakan Ende sebagai kampung halaman, serta tempat penting dalam sejarah yang mendorong kemajuan peradaban dan kebudayaan modern di Flores.

Selanjutnya, berkaitan pula dengan pembahasan kembali soal Ende sebagai tempat lahirnya percetakan dan pers di Flores, bahkan NTT.

Selain itu, mendorong aktivasi ruang seni, budaya, dan literasi, seperti percetakan Arnoldus, penerbit Nusa Indah, serambi Soekarno, gedung Imakulata, dan tempat lain yang sejak dahulu menjadi pilar penting bagi lahir dan tumbuhnya kesenian serta kebudayaan modern di Flores.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Ende disebut Kota Pancasila

Foto : Patung Bung Karno di Taman Renungan Bung Karno di kota Ende, Flores, NTT, Selasa (15/10/2019).KOMPAS.COM/NANSIANUS TARIS Foto : Patung Bung Karno di Taman Renungan Bung Karno di kota Ende, Flores, NTT, Selasa (15/10/2019).

Pankratia menerangkan, festival tahun ini akan menampilkan seminar budaya mengenai Ende dan imajinasi tentang halaman, yang rencananya akan menghadirkan beberapa pembicara kunci dari lingkup Direktorat Kebudayaan Republik Indonesia, Universitas Flores, Serikat Sabda Allah (SVD), para penulis, serta jurnalis.

Selain seminar budaya, akan ada rangkaian diskusi mengenai pers di Flores, kiprah Gorys Keraf dalam khazanah linguistik dan pendidikan, bincang karya sastra, forum pembaca, komunitas, dan presentasi gagasan karya sedang tumbuh dari beberapa komunitas.

Baca juga:

"Aktivasi situs-situs penting juga sejalan dengan upaya aktivasi komunitas-komunitas kreatif di Ende dan Flores secara umum. Hal ini didasarkan pada pengamatan mengenai kurang nampaknya kegiatan literasi serta seni dan budaya di kota Ende hari-hari ini," jelasnya.

Oleh karena itu, menurutnya, kerja-kerja kesenian dan kebudayaan tidak cukup efektif dijalankan hanya oleh institusi formal, seperti negara atau gereja.

Flores Writers Festival berusaha mempresentasikan inisiatif-inisiatif komunitas dan kolektif di berbagai daerah di Flores yang sedang berjalan.

Hal ini menjadi bukti bahwa kesenian dan kebudayaan sudah sepantasnya ‘dikembalikan’ kepada warga dan institusi seperti negara agar berkewajiban menunjangnya.

Baca juga: Simpang Lima Ende di NTT Kian Diminati, Ada Air Mancur Instagramable

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com