Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Danau Poso 2022, Diharap Hapuskan Stigma Negatif

Kompas.com - 06/09/2022, 14:14 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Festival Danau Poso 2022 akan berlangsung pada 5 Oktober mendatang, untuk memperkenalkan potensi wisata dan kebudayaan lokal Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Terselenggaranya Festival Danau Poso, diharapkan menjadi salah satu jalan untuk menghapus stigma negatif yang selama ini melekat di wilayah tersebut. Adapun Poso dikenal sebagai daerah rawan konflik terorisme.

Baca juga:

"Dulu Poso identik bukan dengan pariwisata. Ada stigma negatif yang susah dilepaskan. Tapi kalau kita tidak mendobrak dengan segala upaya, pasti susah," kata Bupati Poso Verna Gladies Merry Inkawang dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf online, Senin (5/9/2022).

Danau Poso berada di sebelah selatan Kota Poso. Jaraknya sekitar 103 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 3 jam.

Event nasional untuk stigma Poso yang lebih baik

Menyadari hal ini, Verna mengatakan bahwa pihaknya tengah berupaya melakukan pemulihan pada sektor pariwisata Poso, sekaligus menepis isu-isu negatif yang selama ini berkembang.

Baca juga: Festival Danau Tempe di Sulawesi Selatan, Wujud Syukur Atas Hasil Danau

"Kita menepis isu-isu miring tentang kabupaten Poso, stigma negatif yang sudah tertanam, bahwa Poso sudah aman, Poso nyaman, Poso terus berbenah ke depannya, teristimewa mempersiapkan sektor pariwisata kami," tegas dia.

Danau Poso di Sulawesi TengahWikipedia.org Danau Poso di Sulawesi Tengah

Salah satu upaya tersebut dibuktikan melalui terselenggaranya beragam event skala nasional di Poso.

mulai dari konser musisi legendaris Iwan Fals pada Agustus 2022, hingga event lari bertajuk "Sogili Tolerunsi Poso 2022" yang juga diikuti oleh atlet lari nasional.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Sedangkan untuk pelaksanaan Festival Danau Poso 2022 nanti, Verna mengatakan pihaknya menargetkan kunjungan sebanyak 7000 wisatawan dan diharapkan bisa menembus Kalender Event Nusantara.

"Harapan kami ke depan Festival Danau Poso ini bisa masuk dalam Kalender Event Nusantara (KEN)," pungkas Verna.

Carolus Dori Setelah berkendara dengan mobil listrik Genesis G80 di Batang, Jawa Tengah (8/6/2022), yang ditunjuk sebagai kendaraan VIP bagi delegasi KTT G20 November nanti. Presiden Joko Widodo kembali menjajal kendaraan listrik lainnya. Kali ini Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko widodo, menyempatkan diri berboncengan mengendarai sepeda motor listrik Gesits menuju Kampung Mola dalam rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, pada Kamis (9/6/2022).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com