Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Campaga Sulawesi Selatan, Lokasi Hutan Lindung 23 Hektar

Kompas.com - 07/09/2022, 19:44 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Desa Wisata Campaga di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, memiliki beragam tempat wisata berbasis alam. Salah satunya Hutan Lindung Campaga yang luasnya kira-kira 23 hektar.

“Selamat kepada Desa Wisata Campaga yang telah masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2022," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekaf) Sandiaga Uno, lewat keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (7/9/2022).

Baca juga:

"Daya tariknya sudah kita lihat, ekonomi kreatifnya di sini sudah bergerak, tinggal wisata alamnya ditambah agar memiliki unggulan,” imbuhnya.

Hutan Lindung Campaga, lokasi mata air sakral dan pohon beringin tertua

Hutan Lindung Campaga, salah satu daya tarik Desa Wisata Campaga di Sulawesi Selatan. Desa ini masih peringkat 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.Dok. Jadesta Hutan Lindung Campaga, salah satu daya tarik Desa Wisata Campaga di Sulawesi Selatan. Desa ini masih peringkat 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Dilansir dari laman jadesta.kemenparekraf.go.id, Hutan Lindung Campaga merupakan salah satu hutan yang dilindungi di Kabupaten Bantaeng. Hutan ini juga dinilai masih lestari dan belum terjamah masyarakat.

Di hutan ini, terdapat Situs Babangtanggaya (batu keramat), pohon Erasa Lego-lego yang merupakan pohon beringin tertua di area tersebut, dan Mata Air Tombolo yang disakralkan.

Baca juga: 

Tidak jauh dari hutan lindung ini ada tempat wisata untuk keluarga. Namanya Kolam Pemandian Erbol dan Ertob. 

“Fasilitas wahana di pemandian Ertob ini belum terlalu banyak, tapi cukup membuat nyaman wisatawan yang datang,” ujar Menparekraf. 

Ilustrasi Kolam Pemandian Erbol di Desa Wisata Campaga, Sulawesi Selatan. Desa Wisata ini masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi Kolam Pemandian Erbol di Desa Wisata Campaga, Sulawesi Selatan. Desa Wisata ini masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Selain itu, Desa Wisata Campaga memiliki tempat wisata baru berbasis alam yaitu Air Terjun Simoko yang dianggap masih tersembunyi.

Wisatawan bisa melihat pemandangan air terjun setinggi 30 meter ini, sembari menikmati suasana rimbunnya pepohonan di sekitarnya.

Baca juga: Istana Datu Luwu: Museum Sejarah Luwu di Palopo, Sulawesi Selatan

Menurut Menparekraf, desa wisata ini memiliki beragam potensi daya tarik alam yang harus dikelola dengan baik agar bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya guna menopang kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja. 

Di sela-sela kunjungannya ke desa wisata tersebut, ia juga menyicipi kopi dan dodol khas desa ini.

Untuk diketahui, jarak ke Hutan Lindung Campaga dari Bandara Sultan Hasanuddin adalah 144-153 kilometer (km) dengan durasi berkendara kira-kira 3-4 jam.

Baca juga: Rencana Rute Penerbangan Baru Sulawesi Selatan-Sulawesi Tenggara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com