Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berpetualang ala Si Gundul: Jangan Punya Malu

Kompas.com - 08/09/2022, 07:06 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Heru Wasana, sosok di balik karakter Si Gundul yang kerap wara-wiri memandu acara backpacker-an di Tanah Air, ini membagikan sejumlah tips solo traveling yang telah ia terapkan selama puluhan tahun bertualang.

Satu prinsip yang selalu dipegangnya adalah, jangan punya malu. Ia berpendapat, mereka yang pemalu akan cenderung sulit membangun komunikasi dengan warga sekitar.

Baca juga:

"Kalau kita malu, akan susah bersosialisasi dengan orang-orang sekitar, dan untuk masalah harga, kita akan di-gethok karena kita culun banget," kata Gundul saat ditemui Kompas.com dalam acara INDOFEST 2022 di Senayan, Jakarta, Sabtu (3/9/2022).

Namun, sebelum memutuskan untuk backpacker-an, penting untuk mempelajari dulu adat-istiadat dan kebiasaan orang-orang di tempat yang akan dituju.

"Kita pelajari dulu lokasinya, selalu pegang teguh di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung," ujar dia.

Baca juga: 5 Wisata Air Terjun Dekat Danau Toba, Cocok bagi Petualang

Cara mendekatkan diri ke masyarakat ala Si Gundul

ilustrasi pendaki berjalan ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah ilustrasi pendaki berjalan

Ia juga membagikan tagline yang selama ini digunakannya saat berbaur dengan warga lokal.

"Yang jelas masyarakat Indonesia itu ramah-ramah dan mereka low profile semua, kalau aku sih punya tagline 'Ada yang bisa dibantu?'" kata dia.

Ia berpesan, setiap mengunjungi suatu tempat, carilah kegiatan masyarakat setempat di lokasi tersebut, lalu bantu mereka. 

Baca juga:

"Makanya jangan pernah punya rasa malu. Jangan menunggu kita ditegur (disapa) ,tapi kita dulu yang harus memperkenalkan diri," katanya.

Menurut dia, selagi punya jempol untuk menyetop kendaraan, mulut untuk meminta tumpangan, dan tenaga untuk bersosialisasi membalas kebaikan, perjalanan bisa dilakukan kapan saja.

Baca juga: Buat Para Petualang, Ini Tips Hunting Foto di Alam Liar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com