Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Watu Pengang, Batu Raksasa Pemantul Suara di Manggarai Barat NTT

Kompas.com - 13/09/2022, 16:08 WIB
Markus Makur,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

GOLOWELU, KOMPAS.com - Watu Pengang menjadi salah satu spot wisata alam di pelosok Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tepatnya di pinggir Jalan Raya Golowelu-Ranggu-Labuan Bajo di Desa Compang Suka, Kecamatan Kuwus.

Konon, jika seseorang meneriakkan harapannya di bukit tersebut dan kemudian pantulan suaranya terdengar, maka kemungkinan harapannya tercapai. 

Baca juga:

"Watu Pengang ini, batu yang dapat memantulkan kembali suara apabila kita teriak di sekitar itu," kata Camat Kuwus, Gabriel Bagung, kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022). 

Adapun nama Watu Pengang yang berukuran raksasa ini terdiri dari dua kata, yakni watu yang berarti batu dan pengang yang berarti memantulkan suara saat adanya teriakan. 

Gabriel menjelaskan bahwa di atas puncak Watu Pengang terdapat spot untuk menikmati pemandangan alam, mulai dari Lembah Ranggu, Puncak Gunung Poso Kuwuh, hingga sejumlah air terjun di Kampung Ranggu.

Baca juga: Turis dari Swiss Ikut Menyiang Rumput Bersama Petani di Manggarai Timur NTT

Persawahan milik warga di bawah kaki gunung Poso Kuwuh, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT, Minggu (31/3/2019). Ini destinasi wisata alam di Lembah Ranggu-Kolang. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.com/MARKUS MAKUR Persawahan milik warga di bawah kaki gunung Poso Kuwuh, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT, Minggu (31/3/2019). Ini destinasi wisata alam di Lembah Ranggu-Kolang. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

"Bagi para petualang yang ingin menyusuri keunikan alam di bagian utara Manggarai Barat, menjelajahlah ke kawasan Kecamatan Kuwus," pesannya. 

Adapun terdapat beberapa rute untuk mencapai Watu Pengang ini.

Wisatawan dari Kota Ruteng, misalnya, bisa melalui Golowelu, Satarara, kemudian Kampung Suka. Wisatawan dari arah Labuan Bajo bisa ke Datak, lalu Kampung Orong dan Ranggu.

Baca juga:

Selain Watu Pengang, sambung Gabriel, ada sejumlah obyek wisata yang bisa dikunjungi.

Antara lain air terjun di Kampung Satarara, Air Terjun Empo Rua, sawah dan air terjun di Kampung Ranggu, serta sejumlah kampung adat di wilayah Kecamatan Kuwus.

Baca juga: Wisata Sepanjang Trans Pantai Utara NTT, Labuan Bajo hingga Flores Timur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com