Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kereta Api Eksekutif Bisa Dapat Makan Gratis?

Kompas.com - 19/09/2022, 20:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu kelas dalam kereta api (KA) adalah Kelas Eksekutif, yang dilengkapi fasilitas lebih premium dibandingkan dua kelas di bawahnya (Ekonomi dan Bisnis). Namun, apakah KA Eksekutif mendapat fasilitas makan gratis? 

VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus, menyampaikan bahwa KA Eksekutif tidak termasuk dengan makan gratis di dalam kereta. 

"Kereta eksekutif, enggak dapat makan. Makanya kami sediakan makanan di gerbong restorasi," terang Joni saat ditemui Kompas.com di KAI Expo 2022 yang digelar di JCC, Jakarta, Minggu (18/9/2022). 

Baca juga:

Ia mengatakan, bagi penumpang yang lapar dan haus serta kebetulan tidak membawa bekal, mereka bisa memesan makanan dan minuman di kereta restorasi.

Gerbong ini umumnya ada di tengah-tengah, agar memudahkan penumpang di bagian depan dan belakang. 

"Maka untuk layanan kereta Eksekutif, masyarakat yang mau makan bisa memilih beragam menu makanan dari restorasi. Kalau selimut, colokan, kami sediakan," tambahnya. 

Baca juga: Kereta Panoramic Pertama di Indonesia, Kapan Mulai Beroperasi?

Cara memesan makanan di kereta api

Cara pesan tiket kereta api online dan offline dengan mudah, cara mendapatkan diskon tiket kereta api civitas dan alumni perguruan tinggiDOK. KAI Cara pesan tiket kereta api online dan offline dengan mudah, cara mendapatkan diskon tiket kereta api civitas dan alumni perguruan tinggi

Untuk diketahui, penumpang kereta api bisa memesan menu makanan untuk dimakan di dalam kereta, melalui fitur “Railfood” yang ada di KAI Access.

Fitur ini dapat digunakan setelah penumpang membuat akun, dan memasukkan informasi tiket kereta api yang sudah dipesan. Melalui fitur tersebut, makanan bahkan dapat dipesan sebelum pelanggan naik kereta api.

Alternatif lainnya, penumpang bisa membuka halaman utama http://preorder.reska.co.id, kemudian melakukan pemesanan makanan dengan klik “Order Online”. Fitur ini juga mewajibkan penumpang mengisi alamat tujuan atau kode booking kereta mereka. 

Baca juga: Ini Cara Pesan Tiket Kereta Api Online lewat Website dan KAI Access

Selain pemesanan online, para petugas juga biasanya akan berkeliling untuk menawarkan menu makanan kepada tiap penumpang.

Di samping itu, penumpang juga bisa langsung menuju gerbong restorasi dan memesan menu di gerbong tersebut.

Makanan yang sudah jadi tidak hanya bisa dimakan di tempat duduk masing-masing, tetapi boleh disantap di gerbong restorasi yang didesain seperti mini bar. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com