Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Sekaligus Olahraga, Cara Jitu Nikmati Indahnya Labuan Bajo

Kompas.com - 26/09/2022, 16:04 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Menikmati keindahan Labuan Bajo ternyata bisa dilakukan dengan wisata sekaligus olahraga.

Masyarakat Labuan Bajo dan wisatawan pun ditantang untuk mengambil bagian dalam ajang IFG Labuan Bajo Marathon 2022.

Ketua Panitia IFG Labuan Bajo Marathon 2022 Fitri Istanti mengatakan, ini merupakan event marathon berskala besar pertama yang digelar di Labuan Bajo dengan konsep sport tourism yakni wisata dipadukan dengan aktivitas olahraga.

Baca juga: 8 Oleh-oleh Makanan Khas Labuan Bajo yang Populer, Ada Kompiang

Ia melanjutkan, event itu merupakan bentuk nyata dukungan terhadap pemerintah Indonesia dalam mempromosikan Labuan Bajo sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP) dengan memanfaatkan tren marathon yang kian naik daun.

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 juga diharapkan bisa mengakselerasi kegiatan perekonomian dan pariwisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) setelah dua tahun melambat akibat pandemi.

Selain itu, pihaknya berharap ada dampak positif terhadap aspek ekonomi, sosial, juga budaya masyarakat Labuan Bajo dan Manggarai Barat, serta bisa mencetak atlet-atlet baru dari NTT yang berpotensi mengukir prestasi.

"Labuan Bajo Marathon 2022” akan menjadi perhelatan yang berbeda dari kegiatan lari marathon lainnya," tutur Fitri dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (26/9/2022).

Labuan Bajo Marathon 2022 yang spesial

Alasannya, sambung dia, acara ini juga menjanjikan hal yang belum tentu didapat peserta di kegiatan marathon lainnya, yakni rute sangat menantang, dibalut dengan keindahan pemandangan alam Labuan Bajo.

Ia mengatakan, berlari di IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dapat menjadi capaian tertinggi seorang pelari saat berhasil menaklukkan kontur dan tantangan trek Labuan Bajo yang khas.

Baca juga: Goa Batu Cermin Labuan Bajo Akan Dibuka untuk Wisatawan

“IFG Labuan Bajo Marathon 2022 adalah lomba jalan raya atau road race. Akan tetapi, topografi Labuan Bajo yang berbukit membuat konturnya sangat menantang,” katanya.

Para atlet menjalani perhelatan ?The Luxury Collection, Labuan Bajo Swim & Run? oleh Marriott International di Pantai Wae Rana, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Senin (29/8/2022).Marriot International Para atlet menjalani perhelatan ?The Luxury Collection, Labuan Bajo Swim & Run? oleh Marriott International di Pantai Wae Rana, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Senin (29/8/2022).

Ia menyebut, rute marathon akan melewati pemandangan alam yang sangat indah. Para peserta akan menikmati pemandangan bukit, lautan, dan kepulauan sekitar Labuan Bajo yang begitu memanjakan mata.

Baca juga: Kain Tenun hingga Kopi Jadi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo

Tak heran, ajang ini disebut sebagai marathon dengan rute yang menantang dan pemandangan yang menakjubkan atau the most challenging marathon route with the most beautiful scene.

“Berlari dengan elevasi yang bervariasi, cuaca tropis, serta kontur berbukit, dikombinasikan dengan pemandangan laut, gugusan pulau, dan pesona savana akan membawa setiap peserta pada pengalaman yang berkesan dan tak pernah ada sebelumnya,” tambahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com