Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Bali Dapat Tambahan Rute dari Taipei, Total 25 Maskapai

Kompas.com - 04/10/2022, 06:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali mendapat tambahan rute penerbangan internasional. Reaktivasi rute Taipei-Denpasar-Taipei dioperasikan kembali oleh maskapai Eva Air

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan bahwa kembalinya rute ini tentu berdampak baik bagi wisata Pulau Dewata. 

“Saat ini, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali telah melayani sebanyak 25 maskapai dengan 22 rute khusus internasional, termasuk rute perdana Eva Air dari dan ke Taipei ini,” ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing (WPB) yang digelar hybrid, Senin (3/10/2022).

Baca juga:

Hal tersebut, ia katakan, membuat lalu lintas penerbangan internasional terus menunjukkan peningkatan yang signifikan, sehingga statistik lalu lintas angkutan udara turut bertambah di bulan Oktober 2022. 

Lebih lanjut, Sandiaga menyampaikan bahwa penerbangan perdana maskapai Eva Air tersebut mengangkut 212 orang penumpang dari Taipei menuju Denpasar, menggunakan pesawat Air Bus A330-302.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Kemudian, maskapai yang sama kembali menuju Taipei dengan membawa 91 orang penumpang.

Jadwal penerbangan rutin

Sebagai informasi, sebelumnya maskapai Eva Air sempat beroperasi sebelum pandemi Covid-19, tepatnya pada tahun 2019. Namun, operasionalnya sempat terhenti karena pandemi.

"Maskapai ini akan melayani tiga kali penerbangan dalam seminggu atau pada Rabu, Jumat, dan Minggu," ujar Menparekraf. 

EVA Air Boeing 777-300ERChad Slattery/Star Alliance EVA Air Boeing 777-300ER

Penerbangan reguler ini diharapkan bisa menjadi salah satu pemicu untuk peningkatan beragam pilihan rute maupun maskapai, khususnya pada penerbangan Internasional.

Sandiaga menambahkan, maskapai Eva Air berencana untuk terbang setiap hari (daily service) pada bulan November 2022. 

Baca juga:

"Mari kita kembangkan, semakin banyak jumlah penerbangan, agar pariwisata semakin berkualitas dan berkelanjutan," pungkasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com