Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nasional 2023 Diumumkan, Menparekraf: Wisata di Indonesia Saja

Kompas.com - 17/10/2022, 22:35 WIB
Viona Pricilla,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengajak masyarakat untuk merencanakan perjalanan wisata sejak jauh hari, menyambut libur nasional dan cuti bersama 2023 yang beberapa hari lalu diumumkan.

Sebab, libur nasional dan cuti bersama dinilai dapat menyebabkan peningkatan aktivitas wisata, termasuk di dalam negeri.

Baca juga: Pemerintah Targetkan 3,6 Juta Kunjungan Wisman hingga Akhir 2022

Adapun pada 11 Oktober 2022, pemerintah telah mengumumkan 24 libur nasional sepanjang 2023. Sebanyak 16 di antaranya merupakan hari libur nasional dan sisanya cuti bersama.

"kami akan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memanfaatkan cuti bersama, dengan merencanakan wisata atau travelling di Indonesia saja dan direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya,” kata Sandiaga Uno, pada Weekly Press Brief, Rabu (17/10/2022).

Menurutnya, kini semakin banyak destinasi wisata yang dapat ditempuh dengan perjalanan darat. Salah satu destinasi dalam negeri yang dapat dikunjungi adalah desa-desa wisata.

Baca juga: Pencarian tentang Indonesia Tinggi di Beberapa Negara, Peluang Gaet Wisman

Dengan melakukan perjalanan atau kunjungan di dalam negeri, lanjut Sandiaga, masyarakat akan mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal dan sektor pariwisata lebih cepat pulih.

Dalam rangka pemulihan pariwisata, Sandiaga juga mengimbau pemerintah-pemerintah daerah untuk menyiapkan anggaran berbagai kegiatan di daerah masing-masing, sehingga aktivitas wisata menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

Baca juga: 1,73 Juta Wisman Kunjungi Indonesia Sepanjang 2022, Naik 2.000 Persen

Selain untuk menyambut 2023, juga untuk memanfaatkan momen libur Natal dan akhir tahun.

“Sehingga pelaku usaha, pelaku ekonomi kreatif, mulai merasakan geliat dari pariwisata."

"Mari pemerintah daerah siapkan destinasi dan produk wisatanya, siapkan event-nya, rangkul dunia usaha, rangkul teman-teman penyelenggara kegiatan,” kata Sandiaga.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com