Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keseruan Jak-Japan Matsuri 2022, Acara Persahabatan Indonesia dan Jepang

Kompas.com - 19/10/2022, 10:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Festival Jak-Japan Matsuri kembali digelar tahun ini, tepatnya pada 14-16 Oktober 2022 lalu, secara hybrid (daring dan luring) di Mall fX Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat. 

Direktur Informasi dan Kebudayaan untuk Kedutaan Besar Jepang di Indonesia sekaligus Komite Pelaksana Jak-Japan Matsuri 2022, Wakabayashi Takahiro, mengatakan bahwa acara ini adalah upaya pengenalan budaya kedua belah pihak.

Baca juga:

"Ini acara persahabatan antara kedua negara, yang namanya pertukaran jangan sampai satu arah. Jadi kami ingin sekali masyarakat indonesia khususnya generasi muda bisa mengenal Jepang dengan lebih baik," ujar Wakabayashi saat ditemui Kompas.com, Minggu (16/10/2022). 

"Di sisi lain, masyarakat Jepang yang ingin mengenal Indonesia dengan lebih baik, akan merasa dekat dengan Indonesia," imbuhnya. 

Antusiasme pengunjung festival

Setelah absen dua tahun akibat pandemi Covid-19, festival persahabatan Jepang dan Indonesia ini pertama kalinya digelar di dalam ruangan atau indoor.

Pengunjung yang berfoto dengan para cosplayer dalam Festival Jak-Japan Matsuri di fX Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (16/10/2022). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pengunjung yang berfoto dengan para cosplayer dalam Festival Jak-Japan Matsuri di fX Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (16/10/2022).

Kendati tidak di ruang terbuka, antusiasme pengunjung ternyata tidak kalah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

"Saya sudah tanya ke pihak fX, pengunjung tanggal 14 (Oktober) ada 2.489 orang, tanggal 15 itu 44.582 orang. Kalau melihat ramainya hari ini, mungkin hampir sama dengan tanggal 14, jadi diperkirakan total 90.000-an orang," jelas Wakabayashi.

Selama tiga hari yaitu 14-16 Oktober 2022, untuk sesi offline (luring), Jak-Japan Matsuri berlangsung di lantai 1 dan 3 Mall fX Sudirman pada pukul 10.00 WIB hingga selesai. 

Baca juga: 6 Tempat untuk Napak Tilas Anime Jujutsu Kaisen di Jepang

Jak-Japan Matsuri tahun ini, yang diadakan secara gratis, dimeriahkan oleh sejumlah penampilan baik terkait kebudayaan Jepang maupun Indonesia. 

Penampilan tersebut di antaranya Mikoshi yang diarak keliling lapangan sambil diiringi genderang atau alat musik Jepang bernama taiko, pertunjukan JKT48, penyanyi Hanin Dhiya, tarian dan gamelan, serta kehadiran pengisi suara para karakter anime Doraemon.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com