Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Desa Mbengan di NTT yang Ditetapkan sebagai Desa Wisata

Kompas.com - 19/10/2022, 14:05 WIB
Markus Makur,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Desa Mbengan di Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), telah ditetapkan sebagai desa wisata oleh Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas. 

Sehubungan dengan penetapan itu, Kepala Desa Mbengan, Yohanes Tobi, mengatakan bahwa pemerintah desa tersebut saat ini tengah menata dan mempromosikan daya tarik setempat. 

Baca juga:

Salah satu tempat wisata yang terkenal di kalangan wisatawan adalah Ngapan Keto atau Tebing Keto, spot menikmati panorama Laut Sawu bagian selatan dari Manggarai Timur.

"Saat ini kami perangkat desa bersama masyarakat sedang menata obyek wisata tersebut. Beberapa waktu lalu turis dari Jerman sudah berwisata di obyek wisata Ngapan Keto," kata Yohanes saat dihubungi Kompas.com lewat telepon, Rabu, (19/10/2022).

Baca juga: Tour de Timau Turut Promosikan Wisata Pegunungan Timau NTT

Turis asal Jerman berwisata di Desa Wisata Mbengan di Ngapan Keto (Tebing Keto) untuk melihat pemandangan alam di laut Sawu bagian selatan Manggarai Timur, Agustus 2022. (DOK/WARGA DESA MBENGAN-HENDRA)DOK/WARGA DESA MBENGAN-HENDRA Turis asal Jerman berwisata di Desa Wisata Mbengan di Ngapan Keto (Tebing Keto) untuk melihat pemandangan alam di laut Sawu bagian selatan Manggarai Timur, Agustus 2022. (DOK/WARGA DESA MBENGAN-HENDRA)

"Bahkan beberapa tahun lalu rombongan turis dari Belgia yang dipandu oleh pemandu dari Manggarai Timur sudah mengunjungi desa ini dan menyaksikan atraksi budaya yang dipentaskan oleh masyarakat setempat," imbuhnya.

Sementara itu, tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi adalah Air Terjun Ndalo Werok, Gua Liang Kar, Air Terjun Piripipi, Air Terjun Par Tambang, dan Rumah Adat Mbaru Embo dari suku nanga. 

Baca juga: Manggarai Timur NTT Kembangkan Wisata Air Panas

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com