Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukit Kerang dan Rumah Melayu di Kepulauan Riau Menjadi Cagar Budaya

Kompas.com - 20/10/2022, 08:21 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Situs Bukit Kerang dan Rumah Melayu yang ada di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, telah ditetapkan sebagai cagar budaya yang dilindungi. 

"Situs Bukit Kerang memiliki jejak sejarah yang panjang, begitu pula Rumah Melayu yang usianya lebih seabad, pasti menarik perhatian wisatawan domestik maupun internasional," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Luki Zaiman Prawira, dikutip dari Antara, Rabu (19/10/2022).

Baca juga:

Untuk diketahui, Bukit Kerang berada di kawasan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang. Tepatnya di area perkebunan kelapa sawit milik PT Tirta Madu. 

Sesuai namanya, Bukit Kerang berupa bukit yang terbentuk dari tumpukan sisa cangkang atau kulit moluska yang hidup di air payau dan muara yang berlumpur. Masyarakat pesisir telah mengonsumsinya hingga saat ini.

Baca juga: Bukan di Atas Ombak Laut Lepas, Begini Keseruan Bono Surfing di Sungai Kampar Riau

Sejumlah artefak ditemukan di sekitar situs tersebut, antara lain alat dari cangkan kerang, batu pukul, dan kapak genggam. Ada pula serpihan tengkorak. 

Sementara itu, Rumah Melayu juga dikenal sebagai Rumah Tua. Lokasinya berjarak kira-kira 100 meter dari Pos AL di Desa Berakit. Rumah ini masih dihuni oleh seorang nelayan bernama Ali Wardana.

Pada tahun 1908, rumah tersebut dibangun oleh Haji Jalil yang sekaligus merupakan buyut Ali Wardana. Selanjutnya pada tahun 1911, rumah berbentuk limas tersebut mulai dihuni. 

Baca juga:

Adapun rumah dengan fondasi dari kayu kapur dan merbau ini diwariskan ke sepupu Ali Wardana, Hanawati.

"Warisan diberikan kepada anak perempuan bukan karena adat, melainkan anak perempuan lebih dekat dengan ayah dan ibunya, sedangkan anak laki-laki lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja," terang Ali.

Baca juga: Kontribusi Wisman Kepulauan Riau Kalahkan Jakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com