Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Maritim Labuan Bajo Diharapkan Tambah Waktu Tinggal Wisatawan

Kompas.com - 24/10/2022, 15:03 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Labuan Bajo Festival Maritim diharapkan bisa menambah waktu tinggal wisatawan.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Shana Fatina mengatakan, Labuan Bajo Maritim Festival diharapkan bisa membuat wisatawan bisa berlama-lama di Labuan Bajo.

"Data terakhir, lama tinggal wisatawan di Labuan Bajo itu 2 sampai 3 hari. Harapannya dengan terselenggaranya Labuan Bajo Festival Maritim ini, wisatawan bisa sampai 5 hari di Labuan Bajo," ujar Shana, Senin malam.

Baca juga: Goa Batu Cermin di Labuan Bajo Akhirnya Dibuka untuk Umum

Ia mengatakan, dengan bertambahnya lama tinggal wisatawan di Labuan Bajo tentu sangat berpengaruh terhadap ekonomi warga khusus para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Kalau wisatawan berlama-lama di Labuan pasti perputaran uang lebih banyak. Mereka pasti belanja lebih banyak selama ada di Labuan Bajo," kata Shana.

Pelaku UMKM di Labuan Bajo panen pendapatan

Pelaksanaan Labuan Bajo Maritim Festival melibatkan para pelaku UMKM di Labuan Bajo, mulai dari pengusaha kuliner hingga kerajinan tangan.

Selama tiga hari pelaksanaan Festival Maritim di Waterfront City Labuan Bajo, para pelaku UMKM panen rezeki. Pendapatan mereka naik dari sebelumnya.

Dermaga ABiro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Dermaga A

"Setiap malam, kita dapat jutaan rupiah dari pengunjung. Tiga malam berturut-turut ini omzet lumayan naik. Semoga Labuan Bajo Festival Maritim bisa menjadi event tahunan," ujar seorang pelaku UMKM, Patrik Domal, di Waterfront City, Senin malam.

Baca juga: Pengembangan SDM Pariwisata yang Berkualitas Terus Dilakukan di Labuan Bajo

Hal senada disampaikan, Ardy Taur, mengaku produk minumannya banyak diminati pengunjung yang datang menikmati berbagai atraksi dalam Labuan Bajo Festival Maritim tersebut.

"Selama tiga malam ini, hasilnya lumayan. Festival ini sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi warga. Kita berharap festival ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya," imbuh dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com