Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Luncurkan Platform Layanan Umrah, Bisa Pergi Mandiri

Kompas.com - 24/10/2022, 17:52 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Calon jemaah umrah kini lebih mudah mengurus perjalanan ibadah ke Tanah Suci. Termasuk, jika ingin melakukan melakukan perjalanan mandiri.

Sebab, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi meluncurkan Nusuk, platform layanan umrah terintegrasi yang semakin memudahkan semua calon jemaah haji merencanakan perjalanannya ke Mekkah dan Madinah. Platform tersebut diluncurkan di Indonesia hari ini, Senin (24/10/2022).

"Hari ini acara peluncuran Nusuk, yang sudah dirilis juga situsnya dalam bahasa Indonesia," ujar Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Al-Rabiah di sela peluncuran Nusuk di Jakarta Pusat, Senin (24/10/2022).

Baca juga: Bandara Kertajati Layani 4 Penerbangan Umrah November 2022

Nusuk memungkinkan prosedur kedatangan lebih sederhana bagi pengunjung yang ingin melakukan umrah. Beberapa layanan yang tersedia antara lain fasilitas visa, perizinan, paket perjalanan, hingga informasi seputar situs-situs keagamaan yang dapat dikunjungi di Arab Saudi.

Nusuk memungkinkan prosedur kedatangan yang lebih sederhana bagi pengunjung yang ingin melakukan umrah. Beberapa layanan yang tersedia antara lain fasilitas visa, perizinan, paket perjalanan, hingga informasi seputar situs-situs keagamaan yang dapat dikunjungi.

Ilustrasi seorang pengguna mengakses platform Nusuk.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Ilustrasi seorang pengguna mengakses platform Nusuk.

Untuk paket perjalanan, misalnya, tersedia dua pilihan, yakni Spiritual + dan Umrah + Leisure.

Paket pertama memungkinkan individu memesan paket perjalanan umrah, termasuk mengunjungi situs-situs keagamaan di Mekkah dan Madinah.

Baca juga: Sejarah Shafa dan Marwah, Dua Bukit dalam Ibadah Haji dan Umrah

Sementara paket kedua memungkinkan individu memesan paket perjalanan umrah, termasuk perjalanan ke beberapa kota lokasi ikonik di Arab Saudi selain Mekkah dan Madinah, misalnya Riyadh dan Diriyah.

Ke depannya, platform tersebut rencananya akan menyediakan lebih banyak fitur dan layanan yang semakin meningkatkan layanan umrah.

Bisa pergi umrah tanpa mahram

Kini, setiap orang juga dimungkinkan untuk pergi umrah secara mandiri, termasuk perempuan.

Sebelumnya, jemaah umrah perempuan harus didampingi mahram di dalam perjalanannya.

"Bebas umrah tanpa mahram, bisa melakukan registrasi mandiri. Perempuan dapat melakukan perjalanan (umrah) secara pribadi dan mandiri," tuturnya.

Baca juga: Arab Saudi Hapus Syarat Mahram bagi Jemaah Umrah Perempuan Indonesia

Selain itu, syarat kesehatan juga dihapuskan bagi jemaah umrah, termasuk syarat vaksinasi meningitis.

"Kami telah menghapus berbagai persyaratan yang sebelumnya membatasi para jemaah umrah untuk datang dan melakukan perjalanan ke Arab Saudi."

"Sehingga, para jemaah bisa berwisata ke tempat-tempat yang sebelumnya jarang dikunjungi," ungkap Taqfiq.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com