Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fakta Pulau Pasir yang Ramai Dibincangkan, di Mana Lokasinya?

Kompas.com - 27/10/2022, 06:05 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gugusan Pulau Pasir tengah ramai dibicarakan terkait kepemilikannya. 

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Selasa (25/10/2022), pemegang mandat hak ulayat masyarakat adat Laut Timor, Ferdi Tanoni, mengatakan bahwa Gugusan Pulau Pasir masuk wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga:

Sementara itu, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Abdul Kadir Jaelani, mengatakan bahwa Pulau Pasir merupakan milik Australia. 

"Pulau Pasir merupakan pulau yang dimiliki Australia berdasarkan warisan dari Inggris. Pulau Pasir tidak pernah termasuk dalam administrasi Hindia Belanda. Dengan demikian, Pulau Pasir tidak pernah masuk dalam wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," ujar Jaelani, dilansir dari Kompas.com, Selasa.

Namun, di balik perdebatan yang ada, sebenarnya di manakah lokasi gugusan Pulau Pasir tersebut?

Fakta seputar Pulau Pasir

1. Di mana lokasi Pulau Pasir?

Berdasarkan keterangan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, gugusan Pulau Pasir juga disebut sebagai Ashmore Reef, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.comSelasa.

Dilansir dari situs Geoscience Australia, wilayah Kepulauan Ashmore dan Cartier terdiri dari Pulau Barat, Tengah, dan Timur Ashmore Reef ditambah Pulau Cartier. Pulau-pulau tersebut kecil dan tidak berpenghuni, serta tersusun dari karang dan pasir.

Baca juga: 5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Australia, Ikut Petualangan Alam

Wilayahnya berada di tepi luar landas kontinen Samudra Hindia dan Laut Timor, sekitar 320 kilometer di lepas pantai barat laut Australia dan 170 kilometer di selatan Pulau Rote.

Sementara itu, Ashmore Reef berjarak sekitar 840 kilometer dari sisi barat Darwin dan 610 kilometer dari sisi utara Broome. Areanya terdiri dari batu karang dengan luas sekitar 583 kilometer persegi. 

2. Ashmore Reef dan Pulau Cartier

Pulau CartierDok. Wikimedia Commons/NASA Pulau Cartier

Pulau Cartier masuk wilayah Kepulauan Ashmore dan Cartier, sehingga belum lengkap jika membahas Ashmore Reef tanpa mengikutsertakan Pulau Cartier.

Pulau ini berada di wilayah Sahul Barat di Samudra Hindia. Jaraknya sekitar 300 meter dari pesisir Kimberley di Australia, 200 kilometer dari sisi selatan Pulau Rote, dan 70 kilometer dari Ashmore Reef.

Baca juga: 8 Tips Liburan Hemat ke Australia

Pulau ini merupakan pulau pasir tidak bervegetasi di tengah terumbu karang. Kendati demikian, ekosistem bawah airnya dinilai cukup kaya. 

Di Pulau Cartier dan area karang di sekitarnya, terdapat 547 spesies ikan yang telah teridentifikasi dan mewakili sekitar 16 persen dari spesies ikan di Australia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com