Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang KTT G20, Bandara Ngurah Rai Bali Dipersolek dengan Karya Seni

Kompas.com - 07/11/2022, 09:32 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, dipercantik dengan beragam karya seni guna menyambut delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, perhelatan yang akan digelar pada 15-16 November 2022.

"Kesiapan bandara merupakan hal yang sangat penting untuk memberikan kesan pertama bagi para delegasi sehingga mereka dapat merasakan keramahtamahan yang menjadi salah satu keunggulan Indonesia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Minggu (6/11/2022).

Baca juga:

Karya seni yang ada, antara lain Paradise Escape karya I Wayan Upadana, Wana Rupa Segara Gunung karya Kadek Dwi Armika, dan Palemahan karya Raka Bernat.

Ada pula TheTree of Life karya Gus Ari, Nawa Dewata karya Atelier Seni, Konstruksi Semesta karya Made Wiguna Valasara, dan Mataya Gate karya Yoka Sara, 

Semua karya seni tersebut dipajang di area kedatangan internasional, kecuali Mataya Gate yang dipajang di area terminal keberangkatan internasional. Karya ini bermakna gerbang persembahan untuk mengantar kepulangan pengunjung dengan selamat.

Adapun karya seni lainnya mengandung beragam makna, mulai dari filosofi kehidupan manusia hingga budaya masyarakat Bali.

Baca juga:

Material karya seni tersebut juga bermacam-macam. Ada yang menggunakan daun lontar, ada juga yang menggunakan resin.

Karya seni ini diharapkan dapat menjadi media bagi para delegasi KTT G20 untuk mengenal lebih jauh soal kehidupan masyarakat Bali.

Salah satu konsep yang diperkenalkan adalah Tri Hita Karana, ajaran yang mengajarkan agar manusia mengupayakan hubungan yang harmonis dengan Tuhan, sesama manusia, serta alam lingkungan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com