Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Gilimanuk Bali Dilengkapi Teknologi Face Recognition Jelang KTT G20

Kompas.com - 08/11/2022, 06:34 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Gilimanuk di Kabupaten Jembrana, Bali, dilengkapi teknologi camera face recognition dan Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (INAFIS) jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, 15-16 November 2022.

Teknologi tersebut berfungsi untuk mengawasi pergerakan warga negara asing (WNA), termasuk mengidentifikasi wajah mereka, khususnya yang masuk daftar pencarian orang (DPO) atau Red Notice

Baca juga:

“Saya minta agar koordinasi dan sinergi antara Imigrasi dengan Polri, TNI serta instansi terkait lainnya untuk pengamanan perhelatan KTT G20 semakin ditingkatkan lagi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Ekatjahjana, dikutip dari keterangan resmi yang Kompas.com terima, Senin (7/11/2022).

Walau Pelabuhan Gilimanuk bukan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI), namun pelabuhan ini dinilai strategis sebagai pintu masuk wisatawan Nusantara dan mancanegara dari Pulau Jawa. Umumnya mereka melakukan tur darat ke berbagai lokasi wisata di Jawa-Bali.

“Imigrasi harus senantiasa bekerja sama dengan stakeholders (pemangku kepentingan) yang ada di Pelabuhan Gilimanuk untuk mendukung pelaksanaan KTT G20,” ujarnya.

Baca juga:

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal Imigrasi tengah menguji coba electronic Visa on Arrival (e-VOA) untuk mendukung KTT G20. 

Adapun wisatawan mancanegara yang tiba di Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk dan harus memperpanjang Visa on Arrival bisa mendatangi Kantor Imigrasi Kelas II Singaraja di Kabupaten Buleleng.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Buleleng Bali, Bisa ke TN Bali Barat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com