Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keindahan Alam Flores Pukau Wisatawan dari Jakarta

Kompas.com - 10/11/2022, 11:11 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Beragama keunikan dan keindahan alam di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) memukau wisatawan asal Jakarta Hani Kumala.

Selama satu minggu, ia keliling Pulau Flores dari Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka sampai Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur.

Pada 4 November 2022, ia berwisata di tempat Tenun Ikat Lepo Lorun, Kampung Nita. Saat berwisata di tempat Tenun Ikat, sambutan datang dari pemilik bernama Alfonsa Horeng dan perempuan yang menenun kain Tenun Ikat Sikka.

Baca juga: Bangkitnya Pariwisata Flores, Ada Bayang-bayang Prediksi Resesi Global 2023

"Saya sangat suka dengan kain Tenun Ikat Sikka di Lepo Lorun. Kami bisa memakai kain tenun Ikat Sikka. Tempatnya sangat bagus, bersih, rumah adat yang beratap alang-alang, " kata Hani kepada Kompas.com, Rabu, (9/11/2022).

Keindahan alam Flores

Selain wisata budaya, satu hal menarik lain di Flores, Lanjut Hani, adalah keindahan alamnya yang luar biasa, entah itu laut atau gunung.

Foto: Danau Kelimutu di Kabupaten Ende,  NTT. Dokumen BTN Kelimutu Foto: Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, NTT.

Contoh keunikan alam Flores adalah, dari Maumere ke Ende udara begitu kering. Namun di tengah-tengahnya saat melewati Datusoko, udara menjadi dingin. Begitu keluar Ende, lewat Bajawa, udara sudah dingin.

"Jadi betul-betul berbeda di masing-masing titik. Sepanjang perjalanan, saya tidak habisnya kagum dan merasa begitu damai melihat alam, gunung, laut, dan seterusnya," tutur Hani.

Makan Ikan Segar di Pulau Flores

Hani menambahkan, setiap kali ke Flores, ia selalu senang sekali karena bisa makan ikan segar. Menurut dia, ini yang susah didapat di Jakarta.

Rute Pantai Utara di Pulau Flores

Hani menjelaskan, sebelumnya ia mengelilingi Pulau Flores di rute jalan trans flores bagian tengah.

Pulau Rutong di kawasan 17 Pulau Riung, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Flores, NTT menjadi salah satu spot destinasi di Pantai Utara di Pulau Flores, Selasa, (20/9/2022). (KOMPAS.com/DOK-PEMANDU WISATA FLORES-YOHANNES YANNI J)KOMPAS.COM/DOK-PEMANDU WISATA FLORES-YOHANES YANNI J Pulau Rutong di kawasan 17 Pulau Riung, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Flores, NTT menjadi salah satu spot destinasi di Pantai Utara di Pulau Flores, Selasa, (20/9/2022). (KOMPAS.com/DOK-PEMANDU WISATA FLORES-YOHANNES YANNI J)

Tapi, kali ini, ia dipandu Rofinus Leonardus Ansel, Saturninus Duki dan Pater Avent Saur, SVD bersama Kompas.com mengelilingi Pulau Flores dengan jalur transpantura (Pantai Utara) dari Maumere, Ibukota Kabupaten Sikka, 5 November 2022.

Baca juga: Wisata Mengamati Burung Endemik Flores NTT Mulai Hidup Kembali

"Saya sudah komplet mengelilingi Pulau Flores lewat trans-Flores tengah dan utara dengan keindahan alam, budaya dan keramahan orang Flores yang dijumpai di pinggir jalan atau saat saya singgah di spot wisata," jelasnya.

Spot Pantai Enabara

Sepanjang perjalanan, ia dipandu orang lokal Flores yang sangat ramah dengan berwisata di spot destinasi Pantai Enabara, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende dan meneruskan perjalanan dari Maurole ke Kecamatan Detusoko dan tiba di Kota Pancasila Ende.

Pantai Enabara, Kecamatan Maurole, Kabupaten, FLores, NTT merupakan satu destinasi pantai berpasir putih di jalur pantai Utara (Pantura) dari Pulau Flores, NTT, Jumat, (4/11/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pantai Enabara, Kecamatan Maurole, Kabupaten, FLores, NTT merupakan satu destinasi pantai berpasir putih di jalur pantai Utara (Pantura) dari Pulau Flores, NTT, Jumat, (4/11/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

"Saya benar-benar kagum dengan kekayaan alam yang indah di Pulau Flores. Hari Minggu, (6/11/2022) melanjutkan perjalanan ke Borong dengan menikmati pemandangan alam di kiri kanan jalan sepanjang jalan trans flores bagian selatan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com