Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga Kembali Layani Penerbangan Komersial

Kompas.com - 11/11/2022, 10:34 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, telah melayani kembali penerbangan komersial reguler sejak Kamis (10/11/2022), setelah terdampak pandemi Covid-19.

"Penerbangan pada hari ini di Bandara Jenderal Besar Soedirman dapat terwujud berkat kolaborasi dari seluruh pihak," kata Direktur Utama Angkasa Pura II atau AP II (Persero), Muhammad Awaluddin, dikutip dari Antara, Jumat (11/11/2022).

Baca juga:

Adapun penerbangan komersial di bandara tersebut adalah penerbangan rute Jakarta-Purbalingga pergi-pulang (PP) dari maskapai Citilink. Penerbangan rute ini akan dilayani dua kali dalam sepekan, yakni setiap hari Selasa dan Kamis.

Setelah sempat tertunda beberapa kali akibat pandemi, beroperasinya penerbangan ini diharapkan dapat melayani kebutuhan moda transportasi udara bagi masyarakat Purbalingga dan sekitarnya.

Baca juga: 5 Wisata Purbalingga, Kunjungi Usai Mendarat di Bandara Jenderal Besar Soedirman

Landas pacu Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah.Dok. PT AP II Landas pacu Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah.

Bersama maskapai dan pemangku kepentingan lainnya, AP II tengah mendiskusikan rencana pengaktifan kembali rute-rute penerbangan dari dan ke Purbalingga. 

Awaluddin juga berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan dan lima pemerintah kabupaten wilayah Banyumas Raya, yaitu Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, dan Pemalang terkait beroperasinya kembali penerbangan komersial di bandara ini.

Baca juga:

Untuk diketahui, Bandara Jenderal Soedirman dapat mendukung sektor pariwisata Purbalingga dan sekitarnya. Beberapa tempat wisata yang bisa dicapai, antara lain Baturraden, Lembah Asri Serang, dan Dieng.

Jumlah kunjungan wisatawan ke Purbalingga dan sekitarnya, dikutip dari data AP II, adalah 7,36 juta orang atau 23 persen dari total kunjungan wisatawan di Jawa Tengah. 

Baca juga: Berkunjung ke Kampung Kurcaci di Purbalingga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com