Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Lion Air Soal Maskapai Terburuk di Dunia dalam Survei

Kompas.com - 13/11/2022, 10:22 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lion Air menanggapi hasil survei sebuah platform layanan perjalanan Bounce yang merilis Lion Air sebagai maskapai terburuk di dunia.

Adapun Bounce merilis daftar maskapai terbaik dan terburuk di dunia. Lion Air dan Wings Air berada di dua posisi terbawah.

Baca juga: 10 Maskapai Terburuk di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia

Terkait hal tersebut, Lion Air sebagai maskapai berbiaya rendah (low cost carrier) mengatakan terus berupaya melakukan evaluasi dan perbaikan pelayanan.

"Lion Air dan Wings Air terus melaksanakan evaluasi kinerja secara berkala sejalan menjalankan perbaikan secara bertahap agar tetap mempermudah aksesibilitas bagi masyarakat, pebisinis dan wisatawan, memperlancar konektivitas antardaerah serta berkontribusi terhadap percepatan perekonomian," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Minggu (13/11/2022).

Danang menambahkan, sebagai penerbangan maskapai berbiaya rendah, Lion Air dan Wings Air memang tidak menyediakan makan dan minuman di pesawat secara gratis.

Kendati demikian, mereka berupaya menghadirkan layanan hiburan yang bisa dinikmati penumpang secara gratis selama penerbangan yang dikembangkan secara bertahap, yakni melalui aplikasi Tripper yang bisa diunduh dari Google Play Store maupun Apps Store.

Baca juga: Cara Check-In Pesawat Online Maskapai Lion Air Group

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas saran, kritik, atau masukan berupa data, catatan serta bentuk lainnya dari berbagai pihak sebagai salah satu rekomendasi dalam mendukung perbaikan layanan dan operasional penerbangan.

"Lion Air dan Wings Air terus berusaha memperbaiki, mempertahankan tingkat ketepatan waktu (on time performance/OTP) serta mempersiapkan ke level ketepatan waktu operasional terbaik," ucap Danang. 

Dikutip dari Kompas.com, (11/11/2022), Bounce menyebutkan alasan dan penilaian mengapa dua maskapai asal Indonesia itu jadi yang terburuk. Hal yang disoroti adalah soal tingkat kedatangan tepat waktu.

"Maskapai (Lion air) itu tercatat memiliki tingkat kedatangan tepat waktu hanya 42,27 persen dengan persentase pembatalan 34,43 persen," demikian tertulis dalam laman Bounce, Selasa (25/10/2022).

Baca juga: 4 Dokumen yang Perlu Disiapkan untuk Check In Pesawat

Artinya, maskapai anggota Lion Group tersebut sering terlambat. Bahkan sepertiga penerbangan Lion Air dibatalkan dalam satu tahun terakhir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com