Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik Pesan Kamar Hotel agar Dapat Harga Murah?  

Kompas.com - 15/11/2022, 11:09 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Mendapatkan kamar hotel dengan harga murah tentunya bisa menghemat anggaran (budget) liburan. Jadi, travelers bisa mengalokasikan sisa budget untuk kebutuhan lainnya.

Lantas, kapan waktu terbaik pesan kamar hotel agar dapat harga murah? Ternyata, ada waktu tertentu agar travelers mendapatkan tarif kamar hotel lebih murah. 

Baca juga: Perbedaan Kamar Standard dan Deluxe di Hotel, Jangan Sampai Keliru

Berikut waktu terbaik pesan kamar hotel agar dapat harga murah, seperti disampaikan Senior Corporate Communications Manager Pegipegi, Busyra Oryza. 

1. Memanfaatkan early booking 

Busyra mengatakan program promo early booking biasanya muncul satu bulan sebelum momen puncak liburan.

Dengan early booking, travelers ternyata bisa menghemat biaya sekitar 15-35 persen untuk keperluan akomodasi. 

Sebab, rata-rata kenaikan harga hotel saat high season secara keseluruhan sekitar 15 persen dibandingkan periode biasa. Misalnya, jelang momen liburan akhir tahun. 

“Oleh karena itu, travelers disarankan memanfaatkan program promo early booking yang ditawarkan oleh Online Travel Agent (OTA), seperti Pegipegi yang memiliki Pegipegi PAS (Pesan Aja Sekarang),” terangnya kepada Kompas.com, dikutip Selasa (15/11/2022). 

Baca juga: Catat, Langgar 10 Aturan Hotel Ini Bisa Kena Denda

Ketika menginap bersama bayi, jangan pesan kamar yang sempit. Pastikan memilih kamar yang lebih luas.SHUTTERSTOCK/Monkey Business Images Ketika menginap bersama bayi, jangan pesan kamar yang sempit. Pastikan memilih kamar yang lebih luas.

2. Momen flash sale 

Travelers juga harus jeli mengamati momen flash sale atau promo dalam waktu terbatas. Biasanya, OTA kerap menghadirkan penawaran spesial lewat flash sale pada periode hari dan jam tertentu, termasuk promo harga hotel yang lebih murah dibandingkan pada saat promo biasa.

Oleh karena itu, lanjut Busyra, travelers harus mempersiapkan strategi agar bisa mendapatkan harga hotel murah saat flash sale.

“Seperti memastikan akses internet yang stabil dan cepat serta membuat reminder personal sesuai jadwal flash sale yang akan berlangsung,” imbuhnya. 

Baca juga: Wajib Tahu, Waktu Check-In dan Check-Out di Hotel

3. Promo hotel baru 

Biasanya hotel-hotel baru memberikan harga yang relatif murah kepada travelers ketika melakukan pembelian via OTA. Maka, jarang ragu untuk menggali informasi seputar hotel-hotel yang baru diresmikan atau dibuka di destinasi yang dituju.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com