Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Kamar Hotel Naik 15 Persen Saat Musim Liburan 

Kompas.com - 16/11/2022, 18:25 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Harga kamar hotel saat ramai pengunjung (high season) mengalami kenaikan sebesar 15 persen dibandingkan saat sepi pengunjung (low season). High season biasanya terjadi saat musim liburan. 

Fakta tersebut terungkap dari riset yang dilakukan Online Travel Agent (OTA), Pegipegi

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Pesan Kamar Hotel agar Dapat Harga Murah?  

Vice President of Commercial and Marketing Pegipegi, Ryan Kartawidjaja mengatakan, harga kamar hotel jauh lebih murah pada saat low season karena pihak hotel berusaha menarik minat akibat sepinya pengunjung. 

“Pada low season, masyarakat cenderung tidak bepergian, sehingga destinasi menjadi lebih sepi dibandingkan pada high season yang diwarnai momen liburan, seperti liburan sekolah, Lebaran, Natal dan tahun baru,” kata Ryan dikutip dari keterangan resmi Pegipegi, Rabu (16/11/2022). 

Baca juga: 7 Hotel Murah Dekat Bundaran HI untuk Tahun Baruan, Cuma Rp 100.000-an

Ilustrasi hotel.SHUTTERSTOCK/Chinnapong Ilustrasi hotel.

Menjelang akhir tahun 2022, Ryan memperkirakan tren traveling di Indonesia makin tumbuh. 

Ia menilai minat traveling masyarakat masih tinggi di tengah pandemi Covid-19, ketidakpastian ekonomi global, konflik di sejumlah negara, hingga kenaikan harga BBM. 

“Sejak Mei 2022, Pegipegi mencatat peningkatan tren yang signifikan untuk pemesanan akomodasi. Jumlah transaksi dan pengunjung telah berkembang berkali lipat terhitung dari Februari 2022,” tuturnya.

Baca juga: 8 Hotel Mewah di Bali yang Disiapkan untuk Delegasi G20

Metode riset

Dalam riset ini, Pegipegi mengolah data nilai median harga hotel mitra yang tersebar di 19 wilayah populer Indonesia. Meliputi akomodasi non-bintang (seperti guest house, homestay, villa) serta hotel bintang 1 hingga bintang 5.

Baca juga: Perbedaan Kamar Standard dan Deluxe di Hotel, Jangan Sampai Keliru

Ketika menginap bersama bayi, jangan pesan kamar yang sempit. Pastikan memilih kamar yang lebih luas.SHUTTERSTOCK/Monkey Business Images Ketika menginap bersama bayi, jangan pesan kamar yang sempit. Pastikan memilih kamar yang lebih luas.

Data nilai median yang diambil terdiri dari harga hotel saat low season (periode Februari-April dan September-Oktober) dan high season (periode liburan sekolah, liburan Lebaran, liburan Natal dan Tahun Baru). 

Hasil pengumpulan data diolah dan dibandingkan dalam beberapa kategori. Meliputi, geografis, jenis akomodasi, dan rentang harga.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com