Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Melukat, Ritual Pembersihan yang Dijalani Selebritas Indonesia

Kompas.com - 17/11/2022, 18:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung ke Bali adalah menjalani melukat, ritual pembersihan atau penyucian diri dengan air suci yang dianggap sebagai wisata spiritual. 

Baru-baru ini, pedangdut Siti Badriah membagikan video yang diduga adalah melukat, melalui akun Instagram miliknya. Sebelumnya juga ada selebritas lain yang menjalani melukat, antara lain Nikita Willy, Ariel Tatum, dan Pevita Pearce.

Baca juga:

"Swastiastu," bunyi tulisan di video unggahan akun Instagram Siti Badriah (@sitibadriah), seperti dikutip Kompas.com, Kamis (17/11/2022).

Sejumlah warganet mempertanyakan kegiatan yang dilakukan oleh Siti Badriah bersama suaminya ini sebagai bentuk konversi agama. Namun, melukat sebenarnya tidak hanya terbatas bagi pemeluk agama Hindu, seperti disampaikan Guru Besar Ilmu Pariwisata Universitas Udayana Profesor I Gde Pitana.

Lantas, apa yang dimaksud dengan melukat? Berikut informasi yang dirangkum oleh Kompas.com

Fakta seputar melukat yang harus diketahui

1. Melukat itu apa?

Melukat, ritual for cleaning and purifying body and mind, Abiansemal village BaliShutterstock/Bodhi Nyana Tantra Melukat, ritual for cleaning and purifying body and mind, Abiansemal village Bali

Melukat merupakan kegiatan religi yang termasuk salah satu tradisi dalam ajaran Hindu di Bali. Kendati demikian, melukat juga menjadi wisata spiritual yang dapat dilakukan oleh siapa pun. 

Melukat sendiri berasal dari kata "sulukat". "Su" artinya baik dan “lukat” yang berarti “penyucian”.

Baca juga: Melukat, Tradisi Umat Hindu di Bali dan Wisata Spiritual

“Sejak dulu, masyarakat Bali sudah biasa melakukan ritual melukat ini. Lalu kemudian, wisata spiritual melukat menjadi ramai di kalangan wisatawan lima tahun terakhir,” kata I Gde Pitana, dikutip dari Kompas.com, Rabu (15/12/2021).

2. Tujuan melukat

Secara harfiah, arti melukat adalah pembersihan jiwa dari hal negatif. Umat Hindu di Bali meyakini bahwa ritual ini bermakna membersihkan jiwa dari hal-hal negatif, di antaranya kecemasan dan mimpi buruk.

“Upacara ini merupakan ritual menyucikan atau membersihkan diri dengan air suci untuk memperoleh kebaikan, dan menjauhkan dari unsur-unsur negatif. Seperti mimpi buruk, penyakit, rasa resah, macam-macam,” papar Pitana. 

Baca juga: Melukat dan Paket Wisata Spiritual Lainnya Diprediksi Makin Diminati

Wisata ritual ini, menurut dia, membuat orang yang melakukannya juga merasakan kesegaran atau ketenangan.

Sebab, melukat dilakukan dengan beberapa rangkaian kegiatan spiritual lainnya, seperti sembahyang dan duduk merenung sambil mendengarkan kisah-kisah alam sehingga dapat terhanyut dalam suasana yang syahdu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com