Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visit Beautiful West Sumatera Bidik 8,2 Juta Wisatawan ke Sumbar

Kompas.com - 18/11/2022, 07:04 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 menargetkan 8,2 juta kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Sumatera Barat (Sumbar), salah satunya melalui sejumlah acara dan paket wisata.

"Kami sudah siapkan sejumlah strategi untuk bisa mencapai target 8,2 juta kunjungan wisatawan pada 2023," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Luhur Budianda, dikutip dari Antara, Kamis (17/11/2022).

Baca juga:

Ia menambahkan, pihaknya menyiapkan buku digital pariwisata dan 11 ahli di bidang pariwisata untuk menjadi Tim Kerja VBWS 2023.

Pihaknya juga meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk menyiapkan tiga event (perhelatan) pada 2023 untuk penyusunan kalender event. Saat ini sudah ada 53 event yang didaftarkan dari 77 event.

Baca juga: Keindahan Bawah Laut Perairan Mandeh di Sumatera Barat

"Kami juga minta dukungan dari organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov (Pemerintah Provinsi) Sumbar dalam konsep wisata meeting, incentive, conference, and exhibition (MICE)," ujarnya.

Tidak hanya itu, pihaknya bekerja sama dengan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) terkait paket wisata hemat dan murah. Terdapat pula paket-paket wisata dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Baca juga: Pengalaman Jelajahi Air Terjun Proklamator, Wisata Alam Sumatera Barat

"Bulan November ini paket-paket wisata ini mulai dijual untuk dilaksanakan tahun 2023," tuturnya. 

Target yang sama dengan jumlah kunjungan sebelum pandemi Covid-19

Sebagai informasi, target 8,2 juta kunjungan wisatawan sama dengan jumlah kunjungan wisatawan sebelum pandemi Covid-19 melanda atau pada tahun 2019.

Menurut data dari Dinas Pariwisata Sumatera Barat pada tahun 2020, jumlah kunjungan wisatawan menurun menjadi 8,02 juta kunjungan. Namun, angka tersebut kemudian terjun menjadi 4,9 juta kunjungan pada tahun 2021.

Baca juga: Nagari Pariangan, Desa dengan Masjid Tua yang Unik di Sumatera Barat

Sementara itu, hingga Oktober 2022, jumlah kunjungan wisatawan ke provinsi tersebut tercatat mencapai 5,2 juta kunjungan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com