Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Baru TMII yang Sudah Buka Tuai Pujian dan Saran dari Warga

Kompas.com - 21/11/2022, 12:39 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, dibuka kembali dengan wajah baru. Wisatawan sudah bisa mengunjunginya selama masa uji coba terbatas, mulai Minggu (20/11/2022).

Setelah direvitalisasi selama enam bulan lebih, TMII terlihat lebih rapi dan indah. Sejumlah pujian pun dilontarkan oleh pengunjung yang datang pada hari pertama, seperti disampaikan warga Kramat Jati, Jakarta Timur, bernama Suharti. 

Baca juga: 

"Sekarang lebih bagus, lebih rapi. Contohnya kayak area danau, sekarang lebih bagus. Ada ubinnya, jogging track-nya, kayak taman lah. Kalau dulu, kita di pinggiran atas saja gitu," kata Suharti kepada Kompas.com, Minggu (20/11/2022).

Ia mengaku sengaja datang bersama dengan anak dan cucunya untuk melihat secara langsung wajah baru TMII.

Jika dibandingkan dengan sebelumnya, perempuan ini menyebut salah satu perubahan yang paling terlihat adalah pada area Danau Archipelago. Menurutnya, kawasan danau kini lebih tertata dan cantik, karena memiliki jalur pejalan kaki. 

Senada, pengunjung asal Sumatera Barat bernama Yos mengatakan bahwa banyak perubahan TMII dari sejak ia terakhir berkunjung sebelum tahun 2000. Salah satu yang ia soroti selain anjungan adalah jalanan TMII. 

"Ini sudah dua kali, dulu pernah tahun 90-an pas zaman Pak Soeharto. Berubah jelas ya, jalannya jadi cakap, danau, anjungan sudah cakap. Oke lah," ujar Yos. 

Armada shuttle bus diminta diperbanyak

Kendati menuai pujian, pengunjung juga menilai ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dievaluasi oleh pengelola TMII.

Suasana TMII saat hari pertama pembukaan uji coba terbatas, Minggu (20/11/2022).KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROH ITSNAINI Suasana TMII saat hari pertama pembukaan uji coba terbatas, Minggu (20/11/2022).

Pertama, terkait dengan fasilitas shuttle bus atau bus keliling yang dinilai masih sedikit dan kurang sebanding dengan jumlah pengunjung.

"Kalau mau ke sini, naik mobil kelilingnya itu berebut. Sudah gitu cuma sebentar naiknya. Kirain agak jauh, keliling gitu. Ternyata baru naik langsung selesai. Kan lumayan jalan kakinya, apalagi bawa anak kecil," kata Suharti.

Baca juga: Pengunjung TMII Soroti Odong-odong Gratis: Belum Ramah Lansia-Anak, Jumlahnya Sedikit

Sebagai informasi, TMII saat ini mengoperasikan kendaraan keliling berupa bus listrik yang bebas emisi karbon, sebagai transportasi utama di area kawasan wisata. Menurut Suharti, jumlah bus listrik ini masih belum bisa mengakomodir wisatawan. 

"Jadi kalau bisa tambah shuttle bus lah. Kalau berebut gitu, enggak bisa. Apalagi ibu-ibu kayak saya, itu enggak bisa," imbuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com