Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Bali, Buat Liburan Akhir Tahun Tak Terlupakan

Kompas.com - 28/11/2022, 11:28 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akhir tahun menjadi salah satu momen yang paling dinantikan banyak orang untuk liburan, baik bersama pasangan, keluarga, atau sahabat.

Liburan di penghujung tahun juga membutuhkan persiapan yang lebih matang, mulai dari budget, logistik, rencana perjalanan, hingga pemilihan destinasi wisata.

Dari persiapan tersebut, tujuan wisata merupakan hal penting yang harus disusun lebih awal. Anda bisa memilih beberapa destinasi wisata populer, seperti Bali atau Lombok.

Jika Anda merencanakan liburan akhir tahun di Pulau Dewata, cobalah pilih beberapa tujuan wisata berikut yang dilansir dari Indonesia.travel.

Baca juga: Tiba di Pulau Dewata dan Disambut Tari Bali, Joe Biden: “Amazing, Splendid Wonderful

1. Air Terjun Aling-aling

Air Terjun Aling-aling.DOK. Indonesia.travel Air Terjun Aling-aling.

Air Terjun Aling-aling dapat menjadi destinasi wisata bertema alam yang bisa Anda kunjungi. Air terjun di Kabupaten Buleleng ini memiliki daya tarik berupa lingkungan sekitar yang masih asri dengan kualitas air yang jernih.

Saat berkunjung ke Aling-aling, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seru, mulai dari berseluncur di air terjun, lompat bebas di kolam air terjun, atau foto dengan latar pemandangan alam yang memukau.

Untuk merasakan sensasi liburan di air terjun Aling-aling secara maksimal, Anda sebaiknya berangkat pada pagi hari agar dapat menikmati udara segar dengan suasana yang tenang.

Baca juga: 100 Turis Asing Kunjungi Air Terjun Pangkadari di Manggarai NTT

2. Pantai Diamond

Pantai Diamond.
DOK. Indonesia.travel Pantai Diamond.

Pantai Diamond merupakan salah satu hidden gem di Nusa Penida yang wajib ada di bucket list liburan. Untuk mencapai tempat ini, Anda harus menyiapkan kondisi tubuh yang prima karena akan melewati beberapa anak tangga yang cukup curam.

Perjalanan Anda menapaki anak tangga akan terbayar lunas dengan pemandangan yang disuguhkan Pantai Diamond, yakni hamparan pantai pasir putih dibalik gagahnya tebing. Jika berkunjung ke sini, pastikan untuk mengambil jepretan estetik ala anak pantai, ya!

3. Sawah Terasering Tegalalang

Sawah terasiring di Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali, satu wilayah dengan Ubud. Gambar diambil pada 15 April 2018.KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Sawah terasiring di Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali, satu wilayah dengan Ubud. Gambar diambil pada 15 April 2018.

Selain wisata bahari, Anda bisa memanjakan mata dengan pemandangan hamparan lahan hijau di Sawah Terasering Tegalalang.

Sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan di Ubud, Sawah Terasering Tegalalang menawarkan keunikan dari undakan sawah yang apik untuk dijadikan koleksi feed Instagram Anda. Panorama dari tatanan sawah ini pernah diabadikan oleh fotografer luar negeri @colourwrks dan traveler @theworldtravelguy.

Kawasan Sawah Terasering Tegalalang sangat cocok menjadi tempat pelarian bagi wisatawan yang jengah akan hiruk pikuk kota.

Baca juga: Terasering Panyaweuyan Majalengka: Daya Tarik, Keindahan, dan Rute

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com