Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Goa Alam Watu Tahang, Manggarai Timur yang Unik di Pinggir Sawah

Kompas.com - 28/11/2022, 13:13 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Menjelajah wisata baru terus dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menggaet turis.

Salah satu tempat baru ada di Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese. Ternyata, desa wisata ini punya goa alam yang unik.

Minggu, (27/11/2022), Staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur Albertus Jehamin bersama masyarakat Desa Golo Loni, melakukan survei goa alam di pinggir persawahan masyarakat setempat

Baca juga: 981 Wisatawan Kunjungi Desa Wisata Golo Loni NTT hingga November 2022

Goa alam Watu Tahang adalah namanya. Ada stalaktit dan stalakmit di dalam. Bahkan, ada aliran air di dalam goa. Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, watu artinya batu dan tahang arti kapur.

Jadi, Goa Watu Tahang adalah gua alam yang memiliki batu kapur. Adapun batu kapur biasa diambil untuk keperluan dalam aktivitas rumah tangga.

Adapun survei dilakukan bersama Kepala Desa Golo Loni, John Berchmans Okalung dan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. 

Seputar Goa Watu Tahang di Golo Loni

Albertus Jehamin kepada Kompas.com lewat sambungan telepon, Senin, (28/11/2022) menjelaskan, goa alam ini terletak di bawah hamparan persawahan Desa Golo Loni.

Panjang goa sekitar 100 meter dengan dialiri air yang bersumber dari mata air Wae Mao dengan sensasi dingin saat disentuh. Perjalan ke goa adalah kurang-lebih 20 menit dari jalan trans-Flores melewati perkebunan kopi warga Desa Golo Loni.

Baca juga: Festival Golo Koe Tampilkan The New Labuan Bajo kepada Dunia

"Pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan areal persawahan Desa Golo Loni yg membentang sepanjang areal goa alam tersebut. Pengunjung juga akan melewati kebun kepompong bambu yang letaknya 50 meter dari lokasi gua alam," jelasnya.

Gua alam watu tahang merupakan satu destinasi baru di Desa wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT, Minggu, (27/11/2022). (DOK/STAF DISPARBUD MATIM-ALBERTUS JEHAMIN)DOK/STAF DIPARBUD MATIM-ALBERTUS JEHAMIN Gua alam watu tahang merupakan satu destinasi baru di Desa wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT, Minggu, (27/11/2022). (DOK/STAF DISPARBUD MATIM-ALBERTUS JEHAMIN)

"Minggu, 27 November 2022, saya, Kepala Desa Golo Loni, dan anggota Pokdarwis Golo Loni melakukan survei untuk dijadikan tempat geowisata yang berada di pinggir jalan Trans Flores dari arah Ruteng ke Borong dan sebaliknya," jelasnya.

Sementara itu, Yohanes Berchmans Okalungkepada Kompas.com, Senin, (28/11/2022) melalui telepon menjelaskan, Goa Watu Tahang menambah jumlah tempat wisata di Desa Golo Loni.

Baca juga: Wisata di Desa Wisata Golo Loni NTT, Bisa Trekking hingga Panen Padi

"Warga Desa Golo Loni menginformasikan kepada pemerintah Desa tentang gua alam tersebut. Lokasinya juga berada di pinggir sawah warga setempat. Bagian atas dari gua itu ada areal persawahan. Sungguh unik Goa Alam Watu Tahang ini," jelasnya.

Okalung menambahkan, Goa Watu Tahang direncanakan menjadi atraksi geowisata dan dipadukan dengan Wisata petualangan river tubing. Salah satu aktivitas geowisata adalah susur goa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com