Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Khas Manggarai Timur, Andalan Baru Desa Wisata di NTT

Kompas.com - 30/11/2022, 17:14 WIB
Markus Makur,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Desa-desa wisata di Flores, Nusa Tenggara Timur terus menggenjot kunjungan wisatanya.

Tidak hanya mengenalkan potensi wisata alam, andalan lainnya dari pariwisata desa ini adalah kopi khas Manggarai Timur sebagai salah satu produk lokal.

Baca juga: 15 Wisata Air Terjun di NTT, Masih Asri untuk Dijelajahi

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur terus mendorong kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Wisata untuk memasarkan produk-produk lokal, seperti minuman kopi khas Manggarai Timur.

Salah satu dari banyak kedai kopi yang sedang dikembangkan adalah Kedai Kopi Simponi di Desa Wisata Golo Loni.

 

Turis mancanegara sedang minum kopi khas Manggarai Timur di Kedai KOPI SIMPONI Desa Wisata Golo Loni, Senin, (29/11/2022). (DOK/POKDARWIS DESA WISATA GOLO LONI MATIM)DOK/POKDARWIS DESA WISATA GOLO LONI Turis mancanegara sedang minum kopi khas Manggarai Timur di Kedai KOPI SIMPONI Desa Wisata Golo Loni, Senin, (29/11/2022). (DOK/POKDARWIS DESA WISATA GOLO LONI MATIM)

Desa Wisata Golo Loni berkolaborasi dengan Desa Wisata Colol untuk menyuplai kopi biji dan kopi kemasan untuk dipasarkan di kedai tersebut.

Turis mancanegara sangat menikmati minuman kopi khas Manggarai Timur.

"Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Golo Loni berkolaborasi dengan Desa Wisata Colol untuk memasarkan minuman kopi khas Manggarai Timur kepada tamu yang berkunjung di kedai Kopi Simponi di Desa Wisata Golo Loni."

"Ini konsep baru dengan berkolaborasi untuk memasarkan minuman khas Manggarai Timur," kata Kepala Desa Wisata Golo Loni, Yohanes Berchmans Okalung saat dihubungi Kompas.com, Selasa (30/11/2022).

Baca juga: 14 Pantai Indah di NTT, Ada yang Berpasir Putih dan Diapit 2 Gunung

Secara terpisah, Staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, Albertus Jehamin menjelaskan, "Simponi" merupakan singkatan dari Sentra Informasi Pariwisata Golo Loni.

 

Kedai kopi Simponi kini telah dibangun di area desa wisata Golo Loni yang terletak di pinggir Jalan Trans Flores Borong-Ruteng dan sebaliknya.

Meski dimiliki oleh perorangan yaitu anggota pokdarwis, tetapi terwujudnya kedai tersebut tetap merupakan kolaborasi bersama pemerintah desa.

Baca juga: 12 Desa Wisata Manggarai Timur NTT, Banyak Kekayaan Alam dan Budaya

Kedai yang buka pukul 07.00 hingga 21.00 itu menjadi pusat informasi pariwisata Golo Loni.

"Khusus kopi didatangkan dari Desa wisata Colol. Hal ini merupakan bentuk kerjasama dan kolaborasi antar-desa wisata di Manggarai Timur dalam memasarkan produk unggulan desa," jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com